Langkah-langkah Membuat NPWP secara Online

By | October 13, 2022
Cara membuat NPWP Online Sangat Mudah, Cepat, dan Praktis.

Menurut Pasal 1 Nomor 6 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007, NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). NPWP digunakan untuk menjadi tanda pengenal saat melakukan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP wajib dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia yang menerima penghasilan kena pajak baik dari perusahaan maupun dari usaha sendiri. Selain untuk membayar pajak dan melaporkan pajak, NPWP juga memiliki fungsi-fungsi penting lainnya. Diantaranya adalah untuk mengajukan kredit ke bank, mendirikan badan usaha, melamar pekerjaan dan lain sebagainya.

Aabila Anda tidak memiliki NPWP, maka Anda akan dikenakan tariff pajak yang lebih tinggi sebagai senknya. Jika sebagai karyamwan/pekerja kantoran, PNS, wirausaha atau pekerja lepas, Anda akan membutuhkan NPWP orang pribadi. NPWP orang pribadi merupakan NPWP yang dimiliki oleh individu yang telah memiliki pekerjaan atau penghasilan di Indonesia.

Namun meskipun Anda belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, Anda juga dapat mengajukan permohonan pembuatan NPWP karena hal ini sangat menguntungkan. Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pekerjanya memiliki NPWP, jadi jika kamu sedang mencari pekerjaan, ada baiknya Anda segera membuat NPWP.

Lalu, bagaimana caranya mengajukan permohonan NPWP? Kini, cara membuat NPWP bisa offline maupun online. Untuk pembuatan secara offline tentunya Anda harus datang ke kantor perpajakan setempat, sedangkancara membuat NPWP online, Anda bisa mengajukannya di mana saja melalui smartphone atau jaringan internet lainnya.

Berikut adalah cara pembuatan NPWP secara online, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Daftar

Buka situs pajak.go.id dan klik “Pendaftaran NPWP”. Lalu, klik “daftar” dan isi email serta kode captcha. Cek email ynag Anda daftarkan adalah email yang aktif. Anda akan menerima email verifikasi, lalu cek kotak masuk email yang Anda daftarkan (termasuk folder spam) dan pastikan Anda telah menerima email tersebut, lalu klik verifikasi dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Isi Formulir Pendaftaran akun dan Aktivasi

Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap dan menggunakan data yang benar. Kemudian pilih “Orang Pribadi” pada kolom jenis WP dan lengkapi data diri dengan teliti. Setelah melengkapi formulir, Anda akan menerima email aktivasi. Buka email tersebut di kotak masuk email dan klik link aktivasi.

  • Isi Formulir Pendaftaran NPWP Orang Pribadi

Setelah Anda mengaktivasi akun, Anda akan diarahkan ke menu login. Lalu, isi email, password serta kode captcha. Isi Formulir Registrasi Data Wajib Pajak (WP). Pastikan mengisi formulir dengan teliti dan menggunakan data yhang sesuai. Jika terhambat, jangan ragu untuk menggunakan layanan call center Ditjen Pajak atau panduan pendaftaran.

  • Kirim Formulir Registrasi

Jika selesai melengkpai formulir, scan dan unggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Pastikan ukuran file yang Anda unggah tidak melebihi 2 MB. Setelah selesai mengunggah file yang dibutuhkan, Anda harus melakukan permintaan token di menu Dashboard. Lalu, klik “Minta Token” dan Anda akan menerima email berisi kode token. Salinlah token yang Anda terima pada kolomm token dalam Dashboard, lalu kill “Kirim Permohonan”.

  • Tunggu

Setelah selesai melalui langkah-langkah mengajukan permohonan pembuatan NPWP, Anda akan menerima email pemberitahuan mengenai status permohonan pembuatan NPWP. Jika disetujui, Anda akan menerima kartu NPWP ynag akan dikirimkan melalui layanan pos.

Anda dapat mengunduh Panduan Pendaftaran Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menekan tombol “Bantuan” dim laman e-Registration Pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *