3 Keutamaan Bacaan Doa Iftitah

By | January 13, 2022
source gambar : freepik.com/rawpixel.com

Sholat adalah pendiri tiang agama, yang mana dalam sholat kita menyebut nama Allah untuk berdoa memohon ampunan dan meminta segala sesuatu yang kita harapkan. Akan tetapi, tentu saja dalam sholat ada beberapa bacaan sholat yang wajib kita ketahui meskipun beberapa diantaranya merupakan Sunnah. Seperti bacaan sholat Iftitah misalnya, yang sering dibaca dirakaat awal sholat.

Bacaan sholat doa Iftitah adalah salah satu sunnah yang dibacakan ketika kita sholat. Doa iftitah juga memiliki makna dan keutamaan yang tak kalah baiknya dengan doa yang lain. Di Indonesia sendiri, terdapat dua bacaan Iftitah yang biasa dipakai yaitu bacaan Iftitah NU dan bacaan Iftitah Muhammadiyah. Sebelum kita mengetahui apa saja keutamaan bacaan doa Iftitah, berikut ini bacaan doa Iftitah latin beserta artinya.

Bacaan Latin doa Iftitah (NU):

“ALLAHU AKBAR KABIRAA WALHAMDULILLAHI KATSIIRA, WASUBHANALLAHI BUKROTAWAASIILA. INNI WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZI FATHARASSAMAWATI WAL ARDHO HANIIFAN MUSLIMAN WA MAA ANA MINAL MUSYRIKIN. 

INNA SHOLAATI WANUSUKI WA MAHYAYA WA MAMAATI LILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN. LAASYARIKALAHU WA BIDZAALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIN”

Artinya:

“Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.”

“Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim.”

Bacaan Latin doa Iftitah (Muhammadiyah):

“Allaahumma baa’id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. Allaahummaghsil khataayaaya bil maa-i wats tsalji wal barad.”

Artinya:

“Ya Allah jauhkanlah aku dengan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat, Ya Allah bersihkanlah kesalahan-kesalahan sebagaimana pakaian putih bersih dari kotoran, Ya Allah bersihkanlah kesalahanku dengan air, salju, dan air es.” (HR. Bukhari no. 774)

Keutamaan-keutamaannya:

  1. Pintu-pintung langit akan dibukakan

Dalam sebuah hadist dimana seorang sahabat Rasullullah mengucapkan doa Iftitah, kemudian Rasulullah mendengarkannya. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Imam Muslim:

“Siapa yang tadi mengucapkan kalimat ini dan ini (iftitah)?” Rupanya beliau mendengar doa

itu.”Itu saya, Wahai Rasulullah,” jawab sahabat tadi. Lantas Rasulullah bersabda: ‘Aku takjub

dengan doa itu. Pintu-pintu langit dibuka karenanya’.” (HR. Imam Muslim).

  1. Doa Iftitah merupakan bentuk penghambaan kepada Allah SWT

 {قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ}

 Katakanlah, “Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah. Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162}

  1. Doa Iftitah dapat menjauhkan diri dari kesalahan

Seperti yang diartikan dalam bacaan doa Iftitah sendiri dimana terdapat kalimat yang mengatakan bahwa doa tersebut menjauhi diri kita dari kesalahan, ibarat Allah menjauhkan Timur dan Barat. Seperti yang disampaikan dalam bacaan doa Iftitah yang dijelaskan dalam hadist Bukhari dan Muslim:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ ، اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ “Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin” (HR.Bukhari 2/182, Muslim 2/98)

            Itulah 3 keutamaan yang terdapat dalam doa Iftitah beserta bacaan latinnya. Semoga kita semua selalu diampuni kesalahan dan terus memperbaiki diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *