8 Manfaat yang Dirasakan Tubuh dari Konsumsi Jamur Tiram

By | December 20, 2021
Jamur Tiram  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan jamur? Yup, jamur memang menjadi salah satu jenis makanan yang kerap kita konsumsi. Ada berbagai jenis jamur yang kerap diolah menjadi berbagai menu makanan maupun camilan yang lezat, salah satunya ialah jamur tiram. Jamur yang satu ini cocok untuk kita santap bersama dengan nasi maupun sebagai camilan yang teksturnya crispy.

Nah, pada era digital seperti sekarang ini, kita tidak perlu repot-repot mencari jamur tiram karena kita bisa memesannya secara praktis melalui TaniHub yang merupakan platform sayur dan buah terbaik di Indonesia. Berbelanja di e-commerce yang satu ini membuat kita dapat membantu para petani lokal. Apalagi, jamur tiram yang kita beli juga memberikan kita 8 manfaat kesehatan berikut ini!

1. Mengandung banyak nutrisi

Siapa sangka, makanan yang kerap kita temukan sebagai camilan dan lauk yang dapat disantap bersama nasi ini juga mengandung aneka nutrisi yang akan membuat tubuh kita menjadi tetap fit loh. Pasalnya, jamur tiram memiliki kandungan mineral, serat, maupun vitamin. Di samping itu, jamur tiram pun memiliki kandungan nutrisi lain berupa vitamin D dan selenium, walaupun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah nutrisi lainnya.

2. Memelihara kesehatan jantung

Sebagai salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan serat, ternyata konsumsi jamur tiram sangatlah berkaitan dengan peningkatan kesehatan jantung. Maka dari itu, saat kita merasa bingung untuk mencari jenis makanan apa yang sebaiknya kita konsumsi, maka kita sebaiknya mengonsumsi jamur tiram yang kandungan seratnya tinggi. Sementara itu, serat pada jamur tiram bukan hanya membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, tetapi juga memanjakan lidah kita.

3. Membuat imunitas tubuh meningkat

Jamur tiram memiliki senyawa yang berfungsi seperti immunomodulators yang nantinya akan memiliki peran penting dalam mengoptimalkan regulasi pada sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, jamur tiram juga bisa menjadi salah satu andalan kita untuk memperkuat sistem imun. Maka dari itu, tidak heran apabila tubuh kita bisa terhindar dari risiko terpapar penyakit.

4. Menekan risiko pertumbuhan kanker

Ketika seseorang mengonsumsi jamur tiram, maka ia akan menekan risiko pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan oleh kemampuan jamur tiram dalam hal mengatasi kanker. Sementara itu, ketika kita mengonsumsi jamur tiram, maka kita juga dapat mengantisipasi penyebaran sel kanker payudara maupun sel kanker usus besar.

5. Membuat metabolisme di dalam tubuh semakin meningkat

Sebagai makanan, jamur tiram memiliki dampak juga dalam hal mengatasi masalah obesitas. Pasalnya, ketika kita mengonsumsi jamur tiram secara rutin, maka jamur tiram ini akan secara efektif mengatasi masalah berupa sindrom metabolik yang salah satunya ialah obesitas.

6. Menangkal radikal bebas

Antioksidan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kamu. Antioksidan dapat membantu menaikkan sistem imunitas, menjaga kulit dari penuaan, menangkal radikal bebas yang berbahaya. Hal inilah yang dapat kita peroleh dari jamur tiram.

7. Mengurangi risiko terkena diabetes

Saat kita mengonsumsi jamur tiram, maka kita pun dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih terkontrol. Pasalnya, ada kandungan beta glucan yang penting untuk membuat gula darah menjadi lebih terkendali.

8. Mengurangi tekanan darah tinggi

Di samping dapat menurunkan risiko terkena diabetes, jamur tiram pun efektif untuk membuat tekananan darah tinggi berkurang. Soalnya, ada β-glukan yang terdapat pada jamur tiram dan membuat tekanan darah kita berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *