Mau Coba Tes Titer Antibodi? Coba Aja di SehatQ.com

By | May 22, 2021
Tes titer antibodi adalah tes untuk mengukur jumlah antibodi dalam darah

Tes titer antibodi merupakan sebuah tindakan medis yang berperan untuk memeriksa dan mendeteksi keberadaan serta mengukur jumlah antibodi yang terdapat dalam darah kita. Jumlah serta keberadaan antibodi yang beragam dalam darah ini nantinya dapat menggambarkan seberapa kuat respons kekebalan tubuh alias imunitas yang dimiliki seseorang. Tes titer antibodi ini juga menjadi salah satu perangkat yang digunakan untuk memeriksa proses vaksinasi Covid-19 itu sendiri. Jika hendak membooking tes titer antibodi di sehatq.com, berikut beberapa hal yang harus diketahui.

Seperti yang kita tahu, proses vaksinasi Covid-19 memang sudah resmi dimulai dan akan dijalankan secara bertahap untuk seluruh masyarakat. Selama proses vaksinasi, tentu akan muncul banyak pertanyaan seputar vaksin maupun daya tahan tubuh kita sendiri terhadap vaksin ini. Apakah imun tubuh kita sudah terbentuk dengan baik setelah menjalankan proses vaksinasi Covid-19? Tentu saja, untuk mengetahui jawabannya, kita bisa mengikuti tes-tes inovasi berupa tes kuantitatif serologi yang bertujuan untuk mengukur titer antibodi seseorang terhadap Covid-19.

Melalui tes kuantitatif serologi ini, kita akan menggunakan auto imunisasi untuk menentukan nilai kuantitatif yang terdapat pada titer antibodi terhadap protein Spike-Receptor Binding Domain (S-RBD) COVID-19 yang ada pada darah manusia. Penggunaan metode ini berperan efektif untuk membantu kita mendapatkan hasil nilai antibodi pasien secara akurat. Oleh karena itu, pasien bisa secara langsung mengetahui bagaimana respons tubuhnya terhadap COVID-19, apakah imunnya sudah kebal atau belum.

Apabila terdapat mikroorganisme berbahaya atau yang lebih sering dikenal sebagai patogen yang masuk ke dalam tubuh kita, maka antigen atau molekul yang ada pada patogen tersebut nantinya akan merangsang sistem imunitas sehingga pada akhirnya, akan tercipta antibodi. Kemudian, antibodi ini nantinya akan mengikat antigen serta menghasilkan interaksi yang kompleks dan melibatkan seluruh bagian sistem dalam kekebalan tubuh kita. Melalui proses ini, mikroorganisme yang masuk pada tubuh kita akan dideteksi sebagai benda yang sifatnya bahaya sehingga harus dihancurkan agar tidak menyebabkan infeksi.

Supaya antibodi bisa berfungsi dengan baik, maka antibodi yang dihasilkan tubuh kita harus bisa memenuhi jumlah yang sesuai berdasarkan jumlah antigen yang kita miliki. Maka dari itu, agar kita bisa memastikan antibodi tersebut bisa memiliki jumlah yang kita butuhkan, maka kita perlu melakukan tes titer antibodi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pemeriksaan titer antibodi ini tidak sama sekali bertujuan untuk mendeteksi virus itu sendiri. Justru, tes ini ada untuk mendeteksi adanya potensi kemunculan antibodi yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh apabila seseorang sedang terpapar virus.

Pada dasarnya, antibodi yang ada pada tubuh kita akan terbentuk secara otomatis ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini bisa juga berasal dari vaksin yang kita terima. Selain itu, terdapat juga kemungkinan hal tersebut memang merupakan patogen yang ingin menginfeksi tubuh. Vaksin sendiri tergolong bisa merangsang antibodi karena memang di dalam vaksin sudah ada patogen berupa virus maupun bakteri. Namun, bakteri dan virus tersebut sudah dilemahkan dan berguna untuk merangsang sistem imunitas tubuh. Makanya tes titer ini bisa digunakan untuk melihat konsentrasi antibodi pada darah kita secara spesifik yang mengenali patogen tertentu. Ketika dokter bisa mengetahui titer antibodi seseorang, maka dokter secara tidak langsung juga sudah terbantu untuk mempertimbangkan, keputusan terbaik mana yang bisa diambil untuk pasiennya. Tes titer antibodi selain digunakan sebagai perangkat untuk mengukur kekebalan tubuh pada vaksinasi Covid-19 juga bisa digunakan untuk menentukan kebutuhan pasien akan vaksin booster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *