Pengertian Islam, Iman, dan Ihsan

By | March 27, 2021
5 Rukun Islam dengan Penjelasannya, Mana yang Sudah Kamu Jalankan?

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu pula dia berkata; pada suatu hari ketika kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang laki-laki berpakaian sangat putih, dan rambutnya sangat hitam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan, dan tidak seorang pun dari kami yang mengenalnya, kemudian ia duduk di hadapan Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam dan mendekatkan lututnya lalu meletakkan kedua tangannya di atas pahanya, seraya berkata :”Wahai Muhammad jelaskan kepadaku tentang Islam? Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ”Islam itu adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, engkau menegakkan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan haji ke Baitullah Al Haram jika engkau mampu mengadakan perjalanan ke sana.” laki-laki tersebut berkata : ‘Engkau benar.’ Maka kami pun terheran-heran padanya, dia yang bertanya dan dia sendiri yang membenarkan jawabannya. Dia berkata lagi: “Jelaskan kepadaku tentang iman?” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “(Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk.” Ia berkata: ‘Engkau benar.’ Kemudian laki-laki tersebut bertanya lagi: “Jelaskan kepadaku tentang ihsan?” Beliau shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”(Ihsan adalah) Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Kalaupun engkau tidak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu.” Dia berkata: “Beritahu kepadaku kapan terjadinya kiamat?” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidaklah orang yang ditanya lebih mengethui dari yang bertanya.” Ia berkata : “Jelaskan kepadaku tanda-tandanya!” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Jika seorang budak wanita melahirkan tuannya dan jika engkau mendapati pengembala kambing yang tidak beralas kaki dan tidak pakaian saling berlomba dalam meninggikan bangunan.”

Umar radhiyallahu ‘anhu berkata : ‘Kemudian laki-laki itu pergi, aku pun terdiam sejenak.” maka Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadaku: “Wahai Umar, tahukah engkau sipa orang tadi?” Aku pun menjawab: “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dia adalah Jibril yang datang mengajarkan agama ini kepada kalian.” (HR. Muslim).

Dari hadits di atas kita bisa mengetahui apa itu Islam, Iman, dan Ihsan.

Islam

Dari hadits di atas, Islam terdiri dari beberapa hal yang pokok sebagai berikut :

  1. Bersyahadat : Artinya bersaksi mengakui adanya Allah dan Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah
  2. Sholat
  3. Zakat
  4. Puasa di bulan Ramadhan
  5. Haji

Iman

Dari teks hadits di atas,iman terdiri dari beberapa hal pokok atau yang disebut rukun iman. Rukun iman dalam Islam sendiri ada 6, yakni

  1. Beriman Kepada Allah
  2. Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah
  3. Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah
  4. Beriman Kepada Para Rasul Allah
  5. Beriman Kepada Hari Kiamat
  6. Beriman Kepada Qadha dan Qadar (Takdir baik dan buruk)

IHSAN

Dalam Islam, tingakatan ihsan ini berada di atas Islam dan iman. Maka dari itu, orang Muslim yang mampu berbuat ihsan adalah seorang Muslim yang sangat mulia kedudukannya di hadapan Allah Subhana wa Ta’ala.

Jika mengacu pada hadits di atas mengenai ihsan, kita sebagai Muslim diperintahkan untuk melakukan amalan-amalan terbaik yang dikehendaki Allah Subhana wa Ta’ala dalam situasi dan kondisi apapun karena Allah selalu mengawasi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *