Fakta menarik belanja online

By | March 8, 2021
main image

Belanja online kini dapat dibilang sebagai kebiasaan yang baru bagi orang-orang. Hal ini membuat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membuat sebuag survey yang dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana perilaku pengguna internet Indonesia. Dalam survey tersebut terdapat 5.900 sampel wawancara dengan dibantu kuesioner.  Nah kali ini kami akan memberikan infromasi seputar fakta menarik belanja online. Hal ini sangat menarik untuk dibahas karena belanja online kini hampir dilakukan oleh semua orang. Nah, untuk kalian yang oenasaran simak ulasannya sebagai berikut.

1.Kepercayaan penuh belanja secara online

Fakta yang pertama yaitu masyarakat Indonesia sudah sangat percaya akan keamanan berbelanja secara online. Jika kita sedikit mundur kebelakang, banyak masyarakat yang takut untuk melakukan transaksi secara online. Hal itu bukan tidak memiliki maksud melainkan banyak sekali penipuan yang terjadi saat melakukan transaksi online. Namun, saat dilakukan survey kini masyarakat sudah banyak yang mempercayakan kepadan transaksi online. Pada survey tersebut 62,8 persen menyatakan bahwa melakukantransaksi online sudah sangat aman. Namun kita sebagai konsumen juga tidak boleh terlalu teledor untuk berbelanja online, karena kita harus tetap teliti untuk melakukan transaksi secara online.

2.Marketplace favorit

Belanja secara online tidak hanya memang terasa sangat menyenangkan karena kita tidak perlu keluar rumah untuk menguras energy. Namun beberapa orang masing-masing memiliki marketplace favoritnya. Pada survei kali ini ada beberapa marketplace yang bersaing secara ketat untuk menarik perhatian pelanggannya dan masing-masing orang sudah menentukan marketplace favoritnya. Maka dari itu panasia sebagai brand besar, hamper ada disetiap marketplace.

3.Barang-barang yang paling banyak dibeli

Dengan berbelanja secara online maka orang-orang dapat dengan mudah melakukan survey karena ada jejak digital saat melakukan transaksi online. Pada survey kali ini mereka tertarik untuk mengumpulkan data, barang apa saja yang paling banyak dibeli. Nah kita sebagai orang yang melakukan transaksi secara online tentunya juga penasaran bukan barang apa saja yang banyak dibeli. Pertama terkait dengan barang yang paling sering dibeli adalah kebutuhan sandang sebesar (14,6%), buku (4%), aksesoris (2,2%), make up dan makanan (1,5%), dan sandal (1%). Nah dari survey di atas dapat dinilai bahwa orang-orang masih sangat bijak dalam membelanjakan kebutuhannya, karena dari survey tersebut kebutuhan sandang lah yang peling banyak dibeli.

4.Anti berbelanja online

Fakta yang terakhir ini adalah fakta nyata yang banyak terjadi di masyarakat. Banyak masyarakat yang sudah percaya berbelanja online namun banyak juga yang masih tidak mau untuk berbelanja online. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih menyukai cara lama yaitu lebih menyenangkan mendapatkan barang yang disukai secara langsung dibandingkan hanya melihat fotonya saja secara online. Namun persoalannya bukan hanya itu. Ada beberapa kendala seperti belum bisa menggunakan apilikasi, takut barang tidak sampai dan tidak sesuai, ribet karena harus kea tm, takut karena barangtidak dapat dikembalikan, waktu pengiriman yang lama dan sebagainya.  Hal ini memang tidak menjadi masalah namun bisa jadi hal itu terjadi karena kurangnya edukasi terhadap orang-orang perihal berbelanja secara online.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar fakta menarik belanja online. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *