Beberapa Fungsi Iman Di Dalam Kehidupan Umat Muslim

By | October 10, 2022
6 Rukun Iman dalam Islam dan Penjelasannya, Wajib Dihafal!

Fungsi iman di dalam kehidupan bisa dibilang sangat kompleks, peran Iman sangat vital untuk menunjang kehidupan manusia, jika tidak ada iman, maka manusia ibarat seperti debu yang mudah terbang oleh angin. Di dalam Islam, ada enam macam Rukun Iman, urutan Iman yang paling pertama yaitu kepada Rabb Allah SWT.

Iman berarti kita membenarkan dari hati, diucapkan dengan lisan, termasuk melaksanakan melalui perbuatan. Ini dia beberapa manfaat adanya iman untuk kehidupan manusia.

Merasa lebih aman

Di dalam dunia penuh kejahatan, ada banyak cobaan dan permasalahan tentunya hal yang tidak bisa dihindari dan disepelekan. Jika percaya terhadap adanya Allah SWT, anda bisa merasa lebih aman, Allah SWT akan selalu ada menemani anda dalam kehidupan.

Allah SWT selalu melindungi karena akan mengatur rencana lebih baik dibandingkan yang diinginkan. Dengan keimanan, maka anda tak akan khawatir menghadapi suatu masalah dalam kehidupan.

Anda bisa yakin melalui berbagai masalah dan rintangan kehidupan, Allah SWT akan selalu ada dan tidak pernah tidur.

Memberi dampak baik untuk diri seorang Muslim

Fungsi iman untuk kehidupan manusia yaitu mampu memberikan dampak untuk diri seseorang terutama tumbuh sikap dan kebiasaan yang lebih baik. Senantiasa untuk menjaga lisan, amanah, tidak sombong, dapat dipercaya dan sebagainya bisa didapat dengan keimanan yang terjaga baik.

Mereka seseorang yang memiliki iman tinggi kepada Allah secara tulus bisa sadar dirinya lemah. Tak ada daya terkecuali dari kehendak yang Kuasa. Maka dari itu, mereka yang beriman akan enggan berbuat suatu hal yang melanggar macam-macam larangan Allah. Dirinya justru selalu termotivasi berbuat kebajikan agar terkendali dari ancaman kemaksiatan. Dengan tahu kebesaran Rabb Allah SWT, maka kemungkinan bisa terhindar dari berbagai macam perbuatan yang menyekutukan Allah seperti kafir.

Hidup lebih terarah

Mereka yang tidak punya keimanan, maka kehidupannya akan hancur, baik itu hanyut ke hawa nafsu, atau pun tidak terarah. Kehadiran iman bisa memperbaiki kehidupan setiap manusia yang pada hakikatnya punya tujuan.

Dengan tahu fungsi iman di dalam kehidupan, maka diharapkan bisa selalu mengikuti arahan Allah SWT.

Menunjang keselarasan

Di dalam manusia terdapat tubuh, jiwa, emosi, kecerdasan dan nilai-nilai kehidupan. Di dalam islam, manusia harus menjalani hidup merkea dengan keselarasan terhadap berbagai aspek-aspek tersebut.

Jika tidak ada keselarasan, maka bisa saja manusia merasakan penderitaan terhadap konsekuensi kehidupan. Cara agar bisa mendapatkan keselarasan di dalam kehidupan kita yaitu dengan mempercayai Allah SWT, Dia merupakan sang pencipta, Allah juga merupakan sumber keselarasan tersebut sehingga keselarasan hidup tidak lepas dari keimanan.

Allah SWT sudah menyempurnakan islam, dengan seperti itu maka anda harus beriman lalu melaksanakan ajaran Allah agar mencapai hidup yang selaras.

Lebih peduli terhadap sesama

Dengan hati damai, maka anda bisa lebih mengasihi sesama. Jiwa bersih tentunya membuat kita merasa nyaman berhubungan bersama masyarakat. Cara agar bisa menenangkan hati yaitu dengan merasa damai dan bahagia yang bisa didapat dengan keimanan yang kuat.

Anda turut berbahagia juga nantinya jika saudara atau tetangga berbahagia, dengan keimanan maka kita akan senang hati juga membantu kalau ada yang mengalami musibah.

Menunjang kebahagiaan

Setiap orang mempunyai standar kebahagiaan tersendiri, misal menilai kebahagiaan mereka dari uang, keluarga, percintaan, dan prestasi. Tetapi yang lebih baik yaitu sukses dalam dunia dan juga akhirat.

Harus percaya kepada Allah, lakukan hal terbaik lalu berdoa kepada Allah, lalu Allah melakukan sisanya. Kalau mengukur kebahagiaan sesuai materi, Allah bisa berkuasa memberikan harta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *