Perbedaan Kacamata Silinder dan Kacamata Minus

By | November 17, 2021
Kacamata Silinder - Harga Terbaru November 2021 | Blibli
source gambar : blibli.com

Kacamata silinder dan kacamata minus memiliki fungsi berbeda. Selain itu, apa saja perbedaan kedua jenis kacamata tersebut? Temukan jawabannya di artikel ini.

Kacamata merupakan alat yang membantu orang untuk melihat lebih jelas. Kini sudah banyak jenis kacamata yang dibuat berdasarkan fungsinya masing-masing. Misalnya, kacamata silinder dan kacamata minus.

Kacamata silinder untuk apa? Apakah kegunaannya sama dengan kacamata minus? Apa perbedaan kedua jenis kacamata tersebut? Jika Anda penasaran dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka sebaiknya baca artikel di bawah ini untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

Pengertian Kondisi Mata Minus dan Mata Silinder

Sebelum mengetahui perbedaan kacamata minus dan silinder, Anda harus memahami persamaan dan perbedaan kondisi mata minus serta mata silinder. Apa perbedaan kedua kondisi mata ini?

Mata minus dan mata silinder sama-sama merupakan kondisi mata tidak normal atau mengalami kelainan. Kondisi ini bisa ringan atau bisa jadi lebih parah.

Mata minus disebabkan karena cahaya yang masuk ke mata tidak fokus tepat di retina, tetapi hanya sampai di depan retina.

Berbeda dengan mata minus, mata silinder disebabkan karena cahaya yang masuk ke mata fokus di beberapa bagian retina secara bersama-sama.

Mata minus biasanya kurang fokus melihat benda-benda yang jauh. Mata silinder biasanya tidak fokus melihat benda yang jauh maupun benda dekat.

Perbedaan Kacamata Minus dan Silinder

Perbedaan kondisi mata minus dan mata silinder tentu membuat cara penanganannya berbeda. Penglihatan orang yang mengalami kondisi mata minus maupun silinder dapat dibantu dengan menggunakan kacamata yang berbeda.

Kacamata minus dapat berfungsi dengan baik untuk membantu penderita mata minus melihat benda-benda jauh. Berbeda fungsi dengan kacamata minus, kacamata silinder untuk penderita mata silinder.

Selain itu, jenis lensa kedua kacamata ini juga berbeda. Kacamata minus menggunakan jenis lensa cekung, sedangkan jenis lensa kacamata silinder adalah lensa silinder yang didesain secara khusus.

Perbedaan kacamata silinder dan kacamata minus mungkin akan sulit dilihat secara sekilas. Namun, perbedaan keduanya sangat jelas jika dilihat berdasarkan fungsi dan jenis lensa yang digunakan untuk membuatnya.

Kedua kacamata ini harus digunakan kepada penderita dengan kondisi mata yang sesuai agar bisa berfungsi dengan baik. Jangan sampai salah menggunakan kacamata agar kondisi penglihatan mata tidak bertambah parah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *