Apa yang Membedakan Antara Akromegali Dan Gigantisme

By | September 17, 2021
Mengenal Akromegali, Kondisi saat Tubuh Kelebihan Hormon Pertumbuhan

            Di dunia medis terdapat kelainan pertumbuhan yang disebut dengan akromedali dan juga gigantisme, tetapi masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara akromegali dan gigantisme. Akromegali dan gigantisme sendiri merupakan kondisi dimana hormon pertumbuhan pada seseorang terlalu banyak dikeluarkan, kedua jenis penyakit ini tergolong kedalam penyakit yang jarang terjadi di populasi manusia. Akromegali sendiri merupakan penyakit yang terjadi saat hormon pertumbuhan dikeluarkan secara berlebihan oleh kelenjar pituari, biasanya kondisi kelainan ini mulai terlihat Ketika memasuki usia 20-40 tahun. Sedangkan Gigantisme merupakan kelainan dimana jumlah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pituari dikeluarkan secara berlebihan pada usia anak-anak, dimana kondisi seperti ini biasanya terjadi sebelum lempengan epifisis tulang saling menyatu. Lantas selain waktu terjadinya diantara dua kelainan tersebut, kira-kira apa saja yang membedakan antara kelainan akromegali dan juga gigantisme. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

            Meski kedua penyakit ini sama-sama diakibatkan oleh pertumbuhan hormon yang dikeluarkan secara berlebihan, tetapi tetap terdapat beberapa perbedaan mencolok antara penyakit akromegali dan gigantisme, yaitu adalah :

  • Waktu Berkembangnya Kelainan Ini

Waktu perkembangan dari penyakit akromegali yaitu dimulai sejak awal masa pertumbuhan hingga pertengahan usia dewasa, sedangkan penyakit gigantisme mulai berkembang selama masa anak-anak sebelum masa pertumbuhan tulang anak saling menyatu.

  • Tinggi Badan

Pada pengidap penyakit akromegali pengidapnya tidak mengalami peningkatan tinggi badan karena masa dimulainya penyakit ini saat usia dewasa, sedangkan pada penyakit gigantisme pengidapnya masih mengalami penambahan tinggi badan karena kondisi kelainan ini berlangsung saat usia anak-anak sebelum masa pertumbuhan.

  • Kontur Wajah

Pada orang yang mengidap akromegali kondisi ukuran dan juga bentuk lidahnya, bibir menebal dan rahang yang menonjol keluar dapat berubah, sedangkan pada pengidap gigantisme kondisi rahang dan dahi berubah menjadi menonjol.

  • Masa Pubertas

Pengidap akromegali berkembang setelah masa pubertas sehingga kelainan tersebut tidak mempengaruhi masa pubertas, sedangkan pada pengidap gigantisme terdapat penundaan masa pubertas karena kelainan dimulai sejak anak-anak.

  • Perkembangan Organ reproduksi

Pada pengidap akromegali perkembangan gonad atau organ reproduksi tidak mengalami perubahan karena kelainan terjadi setelah melewati masa pubertas sedangka pada pengidap gigantisme perkembangan organ reproduksi dapat terpengaruh karena kelainan ersebut terjadi sebelum pengidapnya mengalami masa pertumbuhan.

            Penyebab dari penyakit akromegali ini disebabkan oleh tumor hipofisis yang bukan jenis tumor penyebab kanker atau tumor di paru-paru atau tumor di bagian otak dan lainnya, sedangkan penyebab dari penyakit gigantisme yaitu adanya tumor hipofisis yang tidak berindikasi kepada kanker, sindrom Carney kompleks McCune Albright, neurofibromatosis, dan juga neoplasia endokrin tertentu. Cara pengobatan dari penyakit akromegali yaitu dengan melakukan operasi pengangkatan tumor dan juga terapi radiasi atau bisa juga dengan melakukan pemberian obat seperti octreotide yang berfungsi untuk menguranfi jumlah pertumbuhan hormon yang dikeluarkan. Sedangkan pada penyakit gigantisme biasanya pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan obat-obatan yang membantu produksi hormon pertumbuhan, penggunaan obat lain seperti pegvisomant juga dapat dilakukan dan dibarengi dengan melakukan terapi radiasi. Itulah beberapa hal signifikan yang paling terlihat untuk membedakan antara penyakit akromegali dan gigantisme. Ingat apapun penyakit atau keluhan yang mungkin anda rasakan tentang kesehatan anda, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap tubuh anda agar anda bisa mendekteksi berbagai hal tentang kesehatan anda yang mungkin kurang anda sadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *