Tidak Hanya Manis, Berikut Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

By | August 29, 2021

Tidak hanya beras dan sagu, salah satu makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ialah zea mays. Makanan berwarna kuning dan berbiji ini sering diolah menjadi berbagai macam camilan maupun lauk.

Cara pengolahannya pun sangat mudah, bisa direbus, dicampur dengan sayuran lainnya, dipanggang, dimasak menjadi sub, ataupun diolah untuk menjadi camilan berupa popcorn. Tidak hanya enak dijadikan berbagai jenis makanan, ternyata zea mays sendiri memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan seperti pada uraian berikut.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari zea mays ialah baik untuk kesehatan mata. Di dalam zea mays terdapat karotenoid yang berupa zeaxanthin, beta-karoten, dan lutein.

Katorenoid itu sendiri mampu meningkatkan sistem imun did alam tubuh serta berperan sebagai sumber vitamin penting yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan nutrisi tadi bekerja untuk melindungi mata dari cahaya biru ponsel dan laptop akibat kerusakan oksidatif.

Selain itu dapat mencegah risiko terkena penyakit katarak maupun degenerasi makula. Yang mana merupakan gangguan pada retina serta dapat menyebabkan turunnya kemampuan penglihatan hingga terjadi kebutaan.

2. Meningkatkan Serta Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat jagung yang keduaatau zea mays ini ialah dapat meningkatkan maupun menjaga kepadatan tulang Anda. Sudah banyak yang tahu bahwa kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang, oleh karenanya banyak orang yang mengonsumsi susu untuk menjaga tulang mereka tetap sehat.

Akan tetapi ternyata masih ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi susu disebabkan karena alaegi atau karena tubuh mereka tidak toleran terhadap laktosa. Untuk kasus seperti ini Anda tidak perlu khawatir, karena zea mays juga memiliki kandungan fosfor yang mana berfungsi untuk menutrisi serta meningkatakan kepadatan tulang maupun gigi.

3. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat sehat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan berbahan zea mays ialah dapat melawan dan mencegah radikal bebas. Radikal bebas sendiri sudah dikenal menjadi penyebab munculnya berbagai macam pernyakit kronis.

Oleh karena itu dengan rutin mengonsumsi zea mays maka Anda bisa terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, kanker, maupun penyakit berbahaya lainnya. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin C serta antioksidan yang tidak hanya sebagai penangkal radikal bebas tetapi juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

4. Melancarkan Tekanan Darah

Zea mays memiliki kandungan magnesium serta mineral kalium yang bisa mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi zea mays maka dapat membantu mengendalikan serta melancarkan tekanan darah Anda dan mencegah berbagai penyakit darah tinggi.

Itulah tadi beberapa manfaat dari jagung yang baik untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *