Daun Afrika, Daun Tinggi Antioksidan

By | July 17, 2021
Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Daun Afrika atau yang bernama ilmiah Vernonia Amygdalina yaitu tumbuhan semak yang tumbuh liar di sepanjang jalur air, padang rumput maupun tepi sungai yang berasal dari benua Afrika yang dapat ditemukan khususnya di negara Nigeria, Kamerun dan Zimbabwe dan juga negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Daun yang terkenal memiliki anti oksidan yang tinggi ini menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Manfaat Daun Afrika diyakini dapat mengatasi diabetes, kolesterol, hingga mencegah kanker. Daun Afrika memiliki kandungan antioksidan, antiseptic, senyawa osfor, sulfur, natrium, mangan, tembaga, besi, magnesium dan selenium. Daun Afrika dikenal memiliki rasa yang pahit, oleh karena itu apabila ingin mengonsumsinya harus dicuci dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat daun afrika yang akan anda dapatkan, apabila ingin mengonsumsi Daun Afrika.

  • Mengatasi Malaria

Plasmodik merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam Daun Afrika yang berfungsi untuk mengatasi malaria. Cara mengobati malaria menggunakan Daun Afrika yaitu, dapat diolah menjadi jus. Jus Daun Afrika dikehatui telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat malaria. Dalam sebuah percobaan klinis di Afrika pun, sari Daun afrika segar juga terbukti efektif untuk meredakan malaria ringan. Selain itu, Daun Afrika juga efektif mengatasi gangguan ginjal karena tanaman herbal ini kaya akan asam fenolat, asam lemak, dan vitamin yang bersifat antioksidan.

  • Mencegah kanker prostat

Sebuah studi di jurnal Nutrients mengungkapkan bahwa kandungan dalam Daun Afrika terbukti dapat mencegah penyakit kanker prostat. Hal tersebut karena kandungan dalam Daun Afrika seperti vitamin, mineral, dan fitokimia yang tinggi seperti flavonoid berkontribusi pada kualitas pencegahan kanker prostat.

  • Meredakan sakit perut

Daun Afrika merupakan salah satu obat tradisional yang dikenal untuk meredakan sakit perut. Hal tersebut terbukti pada sebuah studi dalam jurnal Toxicology Reports, Daun Afrika menunjukkan dapat memberikan perlindungan dari sakit maag. Diperkirakan bahwa antioksidan dalam Daun Afrika berkontribusi pada efek lambung yang positif ini.

  • Menjaga kesehatan jantung

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh Daun Afrika yaitu, zat yang bersifat antioksidan dan antiseptik adalah asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan tersebut dinilai sangat efektif untuk menjaga fungsi pembuluh darah arteri. Apabila mengonsumsi asam lemak tak jenuh dan linolenat secara rutin akan menurunkan resiko penyakit jantung hingga 40 persen.

  • Meningkatkan fungsi metabolism

Pada Daun Afrika juga ditemukan vitamin B1 yang mana dikenal sebagai tiamin, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan seluruh jaringan tubuh agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme lipid, asam amino dan glukosa dalam tubuh manusia. Tiamin dalam Daun Afrika yang membantu mengoksidasi asam lemak untuk menghasilkan sintesis lipid, yaitu salah satu proses penting tubuh.

  • Mengatasi diabetes

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Biological and Chemical Sciences menunjukkan bahwa dalam Daun Afrika memiliki kandungan fitokimia, vitamin dan nutrisi lain seperti protein, lipid, karbohidrat, dan komponen lainnya dianggap bertindak bersama untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, Daun Afrika dapat digunakan untuk mengatasi diabetes.

  • Membantu meredakan demam

Salah satu kandungan yang dimiliki Daun Afrika yaitu, flavonoid yang memiliki efek antioksidan kuat, dan dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti demam tinggi. Secara khusus, Daun Afrika secara historis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk pengobatan infeksi bakteri demam tifoid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *