Kredivo vs Danamas, Mana Bunga Paling Rendah?

By | October 17, 2020

https://lh4.googleusercontent.com/05SG7mNcS6UM8zbZkXARzJPrU8TvMLTYJcUOjKN4rqr-8GvhEUPPlU8JFQFHLZQqJOgYInF_Y1XuIINm9mNeN_m6jy5lD27bhYKzduiv5_egcVb77vrMD1LGy-v2NAl2NMyg1WzA

Jika ingin mendapatkan referensi tentang pinjaman online cepat cair terbaru, pantau saja situs resminya Otoritas Jasa Keuangan. Per 7 September 2020 terdapat 157 fintech lending yang terdaftar dan berizin dari lembaga yang punya wewenang dalam industri fintech.

Dari daftar tersebut terselip Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman) yang memberikan pinjaman bagi para pengusaha mikro dan menengah serta profesi khusus seperti petani, penjual reseller pulsa, dan peternak telur. Akan tetapi, dalam bahasa kali ini, kita akan membandingkan produk pinjaman dana tunai Danamas dengan Kredivo.  

Mengenal Kredivo vs Danamas

Kredivo dikenal sebagai penyedia kartu kredit tanpa kartu kredit. Sederhananya, kita bisa membeli barang dengan fitur dan layanan seperti kartu kredit. Selain bisa digunakan secara online, kini bisa juga digunakan secara offline di lebih dari 1000+ merchant di Indonesia.

Sementara Danamas dikenal sebagai p2p lending yang juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjadi pemodal. Selain itu, Danamas juga bisa dimanfaatkan untuk mengajukan pinjaman bagi para pelaku usaha mikro. Danamas mengklaim sebagai salah satu fintech yang pertama mendapatkan izin dari OJK.

Perbandingan suku bunga Kredivo vs Danamas

Sebelum masuk ke bunga pinjaman, baik Kredivo maupun Danamas memberikan informasi yang jelas tentang bunga pinjaman. Bahkan informasi tersebut bisa langsung dilihat jika ingin mengunduh aplikasinya masing-masing di Google Play Store.

Kredivo memiliki dua jenis member, yaitu member basic dan member premium. Salah satu perbedaannya terletak pada plafon pinjaman. Member basic diberikan kredit limit maksimal sampai dengan Rp3 juta, sementara kredit limit untuk member premium diberikan hingga Rp30 juta.

Suku bunganya tetap sebesar 2,6% perbulan untuk semua produk pinjaman. Khusus untuk pinjaman tunai terdapat biaya admin sebesar 6% yang dipotong dari jumlah pinjaman yang diajukan.

Berbeda dengan Danamas yang memberikan batas plafon maksimal Rp7,5 juta. Untuk suku bunganya sendiri sebesar 14.2% per bulan dengan biaya admin sebesar 0.75% per bulan. Selain itu akan dikenakan biaya layanan lagi sebesar Rp30.000 dan fee asuransi sebesar 0.05%.

Supaya lebih jelas mari kita cek simulasi pinjaman berikut ini yang menggunakan tenor 3 bulan atau 3 kali cicilan.


KredivoDanamas
PinjamanRp1.000.000Rp1.000.000
Uang yang diterimaRp940.000Rp953.294
Cicilan per bulanRp356.790Rp432.178

Dari simulasi tersebut bisa terlihat bahwa dana yang didapatkan dari Danamas sedikit lebih banyak karena biaya potongannya rendah. Tetapi, jumlah cicilannya jauh lebih ringan Kredivo dibandingkan dengan Danamas.  

Persyaratan pinjaman Kredivo vs Danamas

Jika dibandingkan dengan pinjaman di lembaga konvensional, jelas fintech memberikan berbagai kelebihan. Diantaranya bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis, efisien dan tidak terkait dengan waktu. Aplikasi Kredivo sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store. Sementara aplikasi Danamas hanya tersedia di Google Play Store.

Keduanya sudah memiliki aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Persyaratan Kredivo cukup mudah kok, WNI berusia antara 18 sampai dengan 60 tahun, berpenghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan entah itu dari gaji atau penghasilan sebagai pekerja lepas dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Bagaimana dengan persyaratan Danamas? Seperti diinfokan sebelumnya bahwa produk pinjaman Danamas memang menyasar para pelaku usaha sehingga calon debitur minimal sudah punya usaha yang sedang dijalankan, berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP dan punya rekening di Bank Sinarmas. 

Mengapa harus di Bank Sinarmas? Karena Danamas akan mengirimkan pencairan dananya hanya lewat Bank Sinarmas. Berbeda dengan Kredivo yang menyediakan beberapa opsi bank tidak harus pada salah satu bank tertentu saja.  

Produk pinjaman Kredivo vs Danamas

Produk pinjaman di Kredivo bisa cicilan tanpa bunga sama sekali dalam waktu 30 hari. Produk ini cocok untuk bayar tagihan bulanan seperti PLN, Air PDAM, BPJS Kesehatan, Pulsa Handphone dan berbagai tagihan lainnya. Selain itu, dengan menggunakan Kredivo, kamu tetap bisa belanja online dengan tenor cicilan 3,6 hingga 12 bulan dengan bunga flat 2,6% per bulan.

Sementara untuk saat ini Danamas hanya menyediakan produk pinjaman dana tunai. Karena memang pangsa pasar yang dibidik adalah para pelaku usaha mikro. Artinya, tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman lewat Danamas.

Legalitas Kredivo vs Danamas

Baik Kredivo maupun Danamas sudah terdaftar di OJK. Kredivo telah terdaftar resmi dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu perusahaan fintech yang berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Sedangkan PT. Pasar Dana Pinjaman (Danamas) telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan tertanggal 6 Juli 2017 dengan Nomor KEP-49/D.05/2017.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang keberadaan keduanya karena sama-sama sudah mendapatkan legalitas dari OJK. Memang masih banyak pinjaman online cepat cair terbaru, namun hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah legalitas yang menjadi prioritas utama saat ingin mengajukan pinjaman lewat fintech manapun juga di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *