Cara Mengetahu Usia Kehamilan dan Prediksi Kelahiran Dengan Kalkulator Kehamilan

By | August 14, 2020
Yuk, Kenalan dengan Macam-macam Sebutan Kehamilan yang Dikenal Awam!

Dengan menghitug usia kehamilan menjadi salah satu faktor penting yang perlu di ketahui oleh bumil. Akan tetapi seringkali tidak semua bumil memahami cara menghitung usia kehamilan dan tanggal perkiraan lahir. Sekarang ini memang tidak hanya bisa mengetahui usia kehamila melalui dokter kandungan saja. Sekarang ini terdapat kalkuator kehamilan secara online yang bisa mengetahui usia kehamilan anda, hingga kapan tanggal perkiraan sang buah hati anda lahir.

memang usia kehamilan dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir secara teori. Akan tetapi belum tentu janin ini sudah terbentuk dalam Rahim, dari hari-hari menstruasi terakhir kalian menjadi patokan terhitungnya usia kehamilan untuk menggu pertama, yang mana memang saat itu juga tubuh kalian sudah mempersiapkan diri untuk terjadinya kehamilan. Sehingga jika kalian sedang dalam program hamil, kalian bisa mencatat kapan tanggal menstruasi kalian untuk tiap bulannya, dengan catatan tanggal iniah kalian bisa mengetahui usia kehamilan kalian.

Kalian Bisa Mengetahui Usia Kandungan Dengan Kalkulator Kehamilan

Dimana proses ini bisa kalian dapatkan baik pergi ke dokter kandungan. Tapi kalian juga bisa menghitung sendiri sudah berapa lama usia kehamilan kalian. Yang mana caranya cukup mudah dilakukan, kalian hanya perlu menggunakan kalkulator kehamilan untuk secara manual dengan menggunakan kalender. Akan tetapi sekarang sudah canggih-canggih jaman sudah berubah dimana kalkulator kehamilan sudah bisa diakses secara online yang memang memerlukan data hari terakir kalian menstruasi. Dimana kalian perlu mengingat kapan menstruasi terakhir kalian dan mengingat tanggal untuk pertama menstruasi terakhir kalian dimulai, jika itu sudah terjawab dimana hari pertama periode menstruasi terakhri ini yang akan dijadikan untuk hari pertama usia kehamilan kalian. Dan usia kehamilan akan terjadi kemungkinan sekitar dua minggu sebelum terjadi pembuahan, dikarenakan proses pembuahannya ini terjadi di kisaran dua inggu atau di hari ke 11 hingga 12 hari pertama menstruasi terakhir kalian, untuk usia kehamilan sendiri berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari hingga melahirkan. Jika secara online kalkulator kehamilan kalian tidak hanya dapat mengetahui usia kehamilan saja, dimana kalian bisa mengetahui kapan sang buah hati akan dilahirkan atau hari lahir.

Cara Mengetahui Hari Perkiraan Lahir Dari kalkulator Kehamilan

Memang sudah disinggung sebelumnya dimana jika menggunakan kalkulator kehamilan selain bisa mengetahui usia kehamilan kalian juga bisa mengetahui hari perkiraan lahir. Yang mana ini hanya perkiraan saja yang memang tidak selalu pasti akan terjadi sesuai hari perkiraan ini yang mana bisa terjadi kemajuan atau mundur hari kelahirannya. Akan tetapi dengan adanya itu kita bisa untuk setidaknya adalah mempersiapkan dan sudah siap untuk kehadiran si buah hati. Memang jika menggunakan kalkulator kehamilan secara manual kita bisa memperkirakan dengan cara menghitung dari hari pertama menstruasi dengan berbagai macam cara seperti.

Rumus Naegele

Dimana nama  rumusu ini berasal dari nama yang penemunya Franz Karl Naegele, seorang dokter kandungan asal jerman yang hidup di abad 19. Dimana hari perikiraan dihitung berdasar hari pertama haid terakhir kalian. Seperti contoh jika hari pertama haid terakhir kalian terjadi pada 2 Agustus 2020 maka perkiraannya adalah untuk rumus pertama.

  • Tahun Tetap 2020
  • Bulan 8 + 9 = 5
  • Hari 2 + 7 = 9

            Dan hari perkiraan lahir pada tanggal 9 Mei 2021.

            Rumus kedua dari rumus yang sama.

  • Tahun 2020 + 1 = 2021
  • Bulan 8 – 3 = 5
  • Hari 2 + 7 = 9

            Dari kedua rumus tersebut secara sama hasilnya namun berbeda perhitungannya.