6 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak IPS

By | June 29, 2020
5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Banget untuk Kamu yang Suka Berimajinasi

Mau kuliah? Tapi anda masih bingung mencari jurusan kuliah yang cocok dengan keinginan anda. Karena memang jurusan kuliah ini sangatlah banyak. Nah, bagi anda yang lulusan anak IPS, dalam kesempatan kali ini akan merekomendasikan 6 jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS sebagai berikut ini :

1. Psikologi

Seperti yang diketahui bahwa Jurusan Psikologi ini anda akan mempelajari tentang pikiran, mental, serta perilaku manusia. Selain itu, dalam jurusan ini juga akan meneliti tentang alur pemikiran serta alasan di balik perilaku dan tindakan manusia, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, serta hubungan interpersonal. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka pelajaran Sosiologi. Sementara untuk prospek kerja jurusan, anda bisa menjadi Psikolog Konseling, Psikolog Klinis, Psikolog Organisasi Industri, Terapis Pernikahan/Keluarga/Anak dan HRD.

2. Administrasi Fiskal

Dalam Jurusan Administrasi Fiskal ini para mahasiswa akan mempelajari seputar pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama, sektor pajak. Perlu diketahui bahwa jurusan ini memiliki beberapa spesialisasi studi, yakni dasar dasar perpajakan, kebijakan fiskal, Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, dan Keuangan Negara. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka pelajaran Ekonomi. Untuk prospek kerja jurusan, anda bisa menjadi Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai, Ahli Perencanaan Pajak, Pegawai Pajak.

3. Ekonomi Pembangunan

Jurusan ini merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara detil mempelajari persoalan tentang pembangunan yang sudah, sedang dan yang akan terjadi di negara berkembang. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka pelajaran ekonomi dan matematika. Untuk prospek kerja lulusan, anda bisa menjadi perencana keuangan, pengajar ekonom, ekonom, pembuat kebijakan pembangunan.

4. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang sangat cocok bagi anak IPS adalah Ilmu Komunikasi. Walaupun namanya Ilmu Komunikasi, namun di jurusan ini anda tidak hanya akan mempelajari tentang cara berkomunikasi saja. Namun dipelajari ilmu lainnya seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film. Jadi, pada prinsipnya dalam jurusan ini anda akan belajar secara lebih soal aspek-aspek komunikasi, baik secara teaori maupun praktik. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka pelajaran Sosiologi dan TIK. Untuk prospek kerja lulusan, anda bisa menjadi Public Relation, Spesialis Hubungan Masyarakat, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas maupun jurnalis.

5. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS selanjutnya adalah Hubungan Internasional. Dimana, Hubungan Internasional ini dianggap sebagai salah satu jurusan kuliah yang bergengsi. Di dalam jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan segala aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politil luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka pelajaran PPKN dan Bahasa Asing.  Untuk prospek kerja jurusan, anda bisa menjadi Konsultan Politik, Diplomat, Konsultan Imigrasi, dan Wartawan Internasional.

6. Administrasi Bisnis

Jurusan kuliah lainnya yang cocok untuk anak IPS adalah Administrasi Bisnis. Di dalam jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data yang akurat guna mendukung usaha bisnis supaya efektif dan efesien. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan peljaran TIK. Sementara untuk prospek kerja lulusan anda bisa menjadi Agen pembelian, kutif, Administrasi, Sekretaris Eksekutif, maupun Manajer Produksi Industri.