Hal – Hal Yang Disiapkan Bagi Calon Ibu

By | December 27, 2019

Menjadi seorang ibu adalah hal yang diidam – idamkan oleh semua wanita. Setelah menikah, hal yang perlu dipersiapkan adalah menjadi calon ibu. Dalam mempersiapkannya juga bukan hanya mental dan fisik yang disiapkan, tetapi juga asupan nutrisi yang harus diperhatikan. Calon ibu harus mengkonsumsi nutrisi yang cukup agar proses kehamilan dapat berjalan dengan baik dan janin dapat tumbuh sehat.

Selain mempersiapkan nutrisi bagi calon ibu, sebaiknya juga mempersiapkan perlengkapan untuk si calon bayi yang akan datang. Nah, kira-kira apa saja perlengkapan bayi yang harus disiapkan?

  • Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan
  • Popok dan Pampers

Pilihlah popok kain yang lembut dan mudah menyerap air, agar popok tidak bocor. Anda juga harus mempersiapkan pampers, karena akan lebih mudah digunakan saat bepergian. Pilihlah pampers yang nyaman bagi anak, agar tidak iritasi.

  • Baju Bayi

Pastikan memilih baju bayi yang nyaman dan tidak gerah. Biasanya baju bayi terdiri dari kaos tangan pendek, kaos tangan panjang, singlet, celana pendek dan celana panjang.

  • Alat Penyedot Ingus

Apabila anak terserang flu, biasanya anak akan mencari obat hidung tersumbat yang aman untuk anak. Tetapi karena masih dibawah umur akan lebih baik untuk menggunakan alat penyedot ingus (nasal aspirator).

  • Kain Bedong

Untuk menjaga bayi tetap hangat,gunakanlah kain bedong. Tetapi jangan gunakan kain bedong terlalu kencang untuk menghindari merusak struktur pembentukan tulang rawan.

  • Persiapan Nutrisi Bagi Calon Ibu
  • Multivitamin dan Mineral

Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan karena dapat membantu kebutuhan gizi dalam makanan ibu. Dokter juga merekomendasikan nutrisi tersebut, bagi para ibu hamil untuk menunjang pertumbuhan janin. Sehingga, penting bagi para ibu dalam memilih vitamin yang tepat bagi kehamilannya.

  • Asam Folat

Nutrisi asam folat sangat penting karena berguna untuk mencegah cacat lahir tabung saraf yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Dalam mengkonsumsi asam folat, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter tentang dosis vitamin agar sesuai dengan kebutuhan.

  • Kalsium

Untuk menghindari kepadatan tulang, karena bayi akan mendapat kalsium dari ibunya untuk pertumbuhan tulangnya.

Semoga persiapan untuk menjadi calon ibu tersebut dapat bermanfaat bagi anda. untuk lebih lengkapnya anda bisa mencari informasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *