Tips Lolos UM UGM Hanya Ada Tiga

By | July 3, 2019

Menjadi salah satu kampus dengan kualitas terbaik di Indonesia, membuat UGM menjadi kampus dambaan oleh banyak siswa di seluruh penjuru negeri. Kampus ini terkenal dengan julukan kampus kerakyatan. Di sini aku gak akan ngejelasin mengapa UGM dijuluki sebagai kampus kerakyatan, melainkan hanya ingin berbagai beberapa tips agar kalian bisa lolos Ujian Mandiri UGM atau UM UGM.

Jujur aku bukan termasuk anak yang pandai di kelas. Aku tidak pernah mendapat ranking tiga besar. Tapi bukan berarti itu bisa menghalangiku untuk bisa bermimpi besar, diterima menjadi salah satu mahasiswa UGM. Ketika itu aku ingin sekali untuk masuk jurusan Psikologi. Alasanku memilih psikologi karena aku sangat tertarik dengan dunia konseling.

Singkat cerita aku gagal untuk bisa lolos SNMPTN. Tapi memang aku tidak berharap banyak akan hasil SNMPTN. Sekarang saatnya untuk fokus SBMPTN dengan belajar sungguh-sungguh. Aku sama sekali tidak berpikir akan mengikuti UM UGM karena begitu yakinnya dengan segala kemampuan saat ini.

Waktu cepat berlalu, tidak terasa SBMPTN sudah di depan mata. Ternyata apa yang aku alami tidak semudah seperti apa yang aku bayangkan. Selama kurang lebih dua bulan belajar, aku hanya bisa belajar matematika dan TPA. 

Aku sama sekali belum menyentuh mata pelajaran lain yang diujikan. Hal ini membuatku panik sekaligus malas. Aku merasa berat untuk menjalani ini. Hingga waktunya pun tiba, siap tidak siap harus siap. Dan ternyata aku memang tidak sepenuhnya siap untuk menghadapi SBMPTN. Aku mulai menyadari bahwa aku butuh bimbel untuk tambahan belajar.

UM UGM adalah satu-satunya cara untuk bisa berkuliah disana. Aku pun akhirnya memilih ruang guru, platform belajar online semua jenjang. Aku bersyukur tidak memilih tempat belajar yang salah. Ruang guru menyediakan paket intensif untuk bisa lolos UM UGM. Tapi aku tidak akan menjadi sales promotion ruang guru dengan membahas paket langganannya, seperti yang aku bilang di awal ini adalah murni untuk berbagi.

Lebih baik aku segera menjelaskan, jadi ini dia tips-tipsnya agar bisa lolos UM UGM.

  1. Planning yang tepat

Ini sangat penting. Jika tidak, bisa saja kamu mengalami hal yang sama seperti apa yang aku alami. Aku terlalu pede bahwa aku bisa belajar sendiri dan hasilnya sangat kurang memuaskan. Tapi ternyata semenjak berlangganan ruang guru, aku jadi lebih giat belajar karena metodenya fun, ada banyak video animasi yang memudahkan siswa belajar dengan media audio visual. Dari aplikasi itu juga aku bisa mengukur kemampuan dari hasil tryout. Ingat bahwa planning yang tepat adalah planning yang realistis.

  • Banyak Latihan Soal

Di ruang guru banyak banget latihan soal beserta pembahasan. Ini yang membuat aku terpacu agar bisa mendapat nilai yang bagus dan bisa diterima di UGM. Dari hasil tryout kita bisa berefleksi, apakah memang perlu untuk belajar giat lagi, atau tidak.

  • Berdoa

Kita harus memasrahkan segala keputusan kepada Tuhan YME. Berdoa dan minta restu orang tua, insyaallah kamu bisa diterima. Dengan doa persiapan menghadapi UM UGM akan dinilai sebagai pahala karena berjuang untuk melanjutkan kerja atau sekolah lagi adalah bagian dari menuntut ilmu.

Lakukan 3 hal simpel di atas, dan rasakan perubahannya. UM UGM akan bisa kamu taklukan, percayalah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *