Jenis Keju yang sering Ditemukan Di Supermarket

By | February 25, 2019


Sudah pasti tau kan dengan keju, salah satu bahan makanan yang sering ada di makanan seperti martabak, roti bakar burger ataupun pizaa. Dan masih banyak lagi makanan dari bahan olahan keju.

Keju sendiri terbuat dari fermentasi susu. Bisa berupa susu sapi, susu domba, dan susu kerbau maupun kambing.  Jika kita mendengar keju pastilah pikiran kita tertuju pada bentuk keju persegi panjang  yang berwarna kuning yang biasa kita lihat yaitu keju cheddar. Padahal keju tidak semua berbentuk seperti itu. Keju masih banyak jenisnya yang mungkin kita tidak tahu. Bahkan jika kita mencoba menghitung keju diseluruh dunia itu ada sekitar ratusan lho, jika kamu niat menjumlah semua. Tapi tidak perlu semuanya ko. Cukup mengetahui kejuyang ada di sekitar kita kita yang mudah ditemui di supermarket, di toko online dan ditempat makan yang menyediakan keju . agar tidak kebingungan memilih keju sesuai namanya.

Cream Chesse Atau Keju Krim

Krim Keju atau Cream Cheese merupakan keju muda yang belum di fermentasi dan dikeraskan  bertekstur seperti mentega dan sangat lembut. Memiliki warna putih seperti cream pada umumnya. Dengan rasa yang sedikit asam. Biasanya cream cheese digunakan dlam adonan, pelapis ataupun olesan yang ada pada kue. Seperti cinnamon roll dan tiramisu.

Keju Emmental

Pernah liat film kartun tom and jerr, pastilah teringat juga dengan keju yang berlubang lubang.  Keju yang satu ini bernama keju emmental . atau keju swiss karena memang keju ini berasal dari swiss. Lubang pada keju ini adalah hasil dari gas saat proses fermentasi. Keju ini muda meleleh sehingga cocok digunakan pada cheese burger, sandwich serta kaserol

Keju  Parmesan

Keju yang satu ini berasal dari Parma di italia, makanya disebut parmesan.  Keju yang berwarna kuning pucat ini terbuat dari susu sapi. Keju parmesan merupakan salah satu keju paat atau Hard Chesse.  Dengan tekstur yang tidak merata terdapat lubang sebesar jarum dengan rasa yang asin dan aroma yang cukup tajam. Mempunyai kadar lemak sebesar 61 Persen. Selain dijual dalam bentuk padat keju ini juga banyak dijual dengan bentuk bubuk. Untuk taburan pasta, pizza, salad dan kastengels.

Keju Mozarella

Keju yang biasa dipakai sebagai topping untuk pizza ini umumnya berwarna kotak, selain itu keju ini berwarna putih dan beraroma samar. Lelehan keju mozarella yang lembut rasanya gurih dan sangat menggoda.  Tidak hanya pizza mozarella juga terdapat pada botter ballen dan lasagna.

Keju Cheddar

Keju yang satu ini adalah keju yang  paling mudah ditemui.  Keju cheddar  sendiri adalah keju yang berasal dari desa cheddar di Inggris, Biasanya mempunyai bentuk persegi . tetapi ada juga yang mempunyai warna putih gading,  Cheddar juga umumnya memiiliki tekstur lunak . Semakin tua Usia keju cheddar  semakin keras dan kuning . Kadar lemak pada keju cheddar menpai 48 Persen.

Keju cheddar sangat banyak dipakai pada jajanana dan kue kue sepeti martabak, sandwich, risoles dikarenakan rasanya yang kuat.  Keju cheddar  biasanya disajikan dengan di potonh kecil-kecil ataupun diparut , juga bisa dilelehkan menggunakan microwave, kompor , maupun kukusan. Ada juga jenis keju cheddar red. Yang mempunyai warna oranye tua mendekati merah. Aroma dan rasanya sepeti keju cheddar biasa namun lebih mudah meleleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *