5 Tips Merawat Mobil bagi Pemula

By | December 7, 2018

Hasil gambar untuk 5 Tips Merawat Mobil bagi Pemula

Sebagai pengendara mobil, memang ada baikya Anda mengetahui tips merawat mobil yang benar. Agar kondisi mobil dan mesin Anda tetap prima. Dengan mengetahui cara merawat mobil dengan benar tentunya akan membuat kendaraan Anda tetap terasa nyaman walau sudah cukup lama umurnya.

Mungkin untuk Anda yang baru memiliki mobil, masih belum memahami bagaimana seluk beluk dari mobil Anda. Namun, setidaknya Anda harus memahami 5 tips merawat mobil sebagai berikut.

Tips 1: Selalu Cek Oli

Untuk bisa bekerja secara optimal, oli mesin harus diganti minimal saat mobil sudah menempuh jarak 5000 – 10.000 kilometer. Atau Anda bisa mengganti oli bila mulai terasa kendaraan Anda cepat panas, dan tenaganya tidak lagi sekuat dulu. Karena bisa jadi Anda menggunakan oli yang tidak tepat. Ada baiknya Anda hanya gunakan oli yang direkumendasikan khusus untuk mobil Anda.

Beberapa produsen mobil mengeluarkan rekumendasi oli mobil yang cocok untuk jenis mesin Anda. Oli yang terlalu encer atau terlau kental bisa jadi akan membuat kinerja mesin Anda tidak optimal. Lakukan penggantian oli hanya pada bengkel-bengkel yang telah terpecaya. Agar Anda bisa yakin prosedur penggantian oli telah dilakukan dengan tepat.

Tips 2: Pastikan Fungsi Kopling Normal

Bila Anda mengendarai mobil manual, dan merasakan saat pergantian gigi terasa berat dan sulit, maka Anda harus curiga kalau kampas kopling Anda telah aus. Penggantian gigi yang tidak mulus kerap kali membuat Anda frustasi saat di jalan raya. Terlebih bila Anda membutuhkan penggantian gigi dengan cepat.

Sampaikan permasalahan ini pada bengkel terpercaya Anda, agar mereka melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem perseling gigi mobil Anda. Dan dapat menemukan serta menyelesaikan permasalahannya.

Tips 3: Periksa Ketinggian Level Air Radiator

Anda cukup membuka kap mesin, dan melihat ketinggian air radiator dari samping penampungnya. Bila sudah turun sampai hampir menyentuh batas bawah, segera isi air radiator Anda. Namun, jangan sampai melewati batas maksimal yang dianjurkan. Isi air radiator hanya saat mesin Anda dalam keadaan dingin. Mengisi air radiator saat keadaan mesin panas sangat berbahaya untuk Anda.

Hal lain yang terkadang luput dari perhatian adalah level air untuk wiper. Bila Anda sering menggunakan wiper untuk membersihkan jendela, periksa juga apakah level airnya masih cukup. Bila sudah hampir habis, isi dengan menggunakan air bersih.

Tips 4: Periksa Kondisi Lampu-lampu

Ada baiknya Anda periksa secara berkala kondisi dari lampu-lampu mobil Anda. Seperti lampu depan, lampu jauh, lampu rem sampai lampu sen. Lampu-lampu ini memegang peranan penting dalam keselamatan Anda selama diperjaanan. Bayangkan bila berkendara malam hari ternyata lampu depan Anda tidak berfungsi? Atau saat ingin berbelok lampu sen Anda tidak bekerja dengan normal?

Tentunya keselamatan Anda dan orang lain di jalan raya menjadi taruhannya. Selalu lakukan pengecekan secara berkala dari keadaan lampu-lampu ini. Pastikan semua menyala dengan terang dan berfungsi sempurna.

Tips 5: Periksa Kondisi Ban

Fungsi ban memang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Ban adalah satu-satunya bagian mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan. Ban yang baik akan memberikan gaya gesek ke jalan sehingga mobil bisa melaju tanpa terjadi selip. Pastikan selalu kondisi ban Anda masih prima. Cek apakah ulirnya sudah tipis atau masih tebal. Cek juga dengan seksama apakah ada benjolan pada ban Anda.

Ban yang sudah mengalami benjolan akan berbaha untuk digunakan. Benjolan bisa menjadi indikasi bahwa ban Anda mengalami penumpukan tekanan pada satu titik. Dan benjolan ini adalah titik terlemahnya ban. Bisa menyebabkan ban pecah bila terus digunakan berkendara. Dan tentunya akan sangat berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *