Tahap Perkembangan Anak Dari Usia 0–6 Bulan

By | November 14, 2018

Hamil dan melahirkan seorang anak merupakan dambaan bagi setiap ibu maupun calon ibu. Terutama untuk para calon ibu, dimana merekalah yang akan paling bahagia dengan momen tersebut. Ketika baru melahirkan seorang bayi, tentunya kita sangat penasaran dengan tumbuh kembang anak. Nah, bagi bunda yang penasaran dengan hal tersebut, pada ulasan kali ini membahas seputar tahap perkembangan anak dari usia 0 – 6 bulan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

* Perkembangan Anak di Usia 1 Bulan

Di usianya yang baru 1 bulan, si kecil ini akan lebih banyak tidur. Meski demikian, namun ia juga membutuhkan beberapa waktu sebelum dapat membedakan antara pagi dan malam hari. Pasalnya, pigmen mata si kecil ini belum terlalu berkembang sempurna sehingga warnanya akan berubah perlahan pada minggu dan bulan-bulan mendatang. Ia juga kerap menangis, yang menandakan bahwa dirinya lapar.

Secara naluri, si kecil ini akan menggenggam jari bunda lho. Memasuki hari ke 10, maka berat saat pertama kelahirannya itu akan kembali lagi. Kemudian berat badan si kecil akan bertambah secara intensif, sehingga perubahan fisiknya sangat terlihat jelas.

* Perkembangan Anak di Usia 2 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, si kecil sudah bisa melihat lebih jauh lagi sehingga ia akan mulai mencoba meraih suatu objek yang ada disekitarnya. Ketika bunda datang menghampirinya, maka si kecil akan tersenyum bahagia sambil menggemgam jari tangan bunda. Di samping itu, si kecil juga sangat hobi memasukan jari jemarinya ke bagian mulut.

* Perkembangan Anak di Usia 3 Bulan

Buah hati bunda akan memperhatikan lingkungan sekitar, serta akan menangkap suara apa saja yang didengarnya. Ia akan senang ketika mendengar suara bunda, karena sudah ada ikatan batin antara ibu dan anak. Pada fase yang ke 3 bulan ini, pergerakkan si kecil sangat aktif dan ia juga sangat senang saat mengguling-gulingkan tubuhnya kea rah kanan, kiri, depan, dan belakang. Tak hanya itu, si kecil pun sudah dapat menggerakkan kepalanya secara optimal, dikarenakan otot lehernya sudah kuat.

* Perkembangan Anak di Usia 4 Bulan

Saat memasuki usia ke 4 bulan, maka si kecil akan senang berkomunikasi dengan bunda. Ia juga sudah dapat mengenali wajah orang-orang terdekatnya, serta kerap menghisap jari tangan dan jari kakinya. Tak hanya itu, si kecil juga sangat suka belajar mengenai tekstur dengan mengeksplorasi suatu barang menggunakan mulutnya. Dari pola tidur, si kecil ini akan tidur jauh lebih lama pada malam hari sehingga aktifitasnya dihabiskan pada siang hari.

* Perkembangan Anak di Usia 5 Bulan

Pada bulan ke 5, nafsu makan si kecil akan bertambah sehingga ia mampu menghabiskan satu botol susu dalam waktu yang singkat ketika dalam keadaan lapar. Secara sosial, ia akan selalu memperhatikan dan sangat peduli terhadap lingkungan disekitarnya, serta lebih berinteraksi dengan cara mengeluarkan suara dan tawanya. Selain itu, si kecil akan sangat senang jika di ajak pada permainan yang interaktif seperti “ Cilukba “.

* Perkembangan Anak di Usia 6 Bulan

Buah hati bunda sudah mulai menginisiasi interaksi sosial, sehingga ia akan melambaikan kedua tangannya untuk minta di gendong dan akan tersenyum ketika melihat bunda. Pada fase ini, si kecil sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang lain atau penopang. Ia juga sudah dapat merangkak, bahkan hingga berdiri dengan bantuan kursi atau benda lainnya.

Itulah gambaran tentang perkembangan anak dari usia 0 sampai 6 bulan. Dengan demikian, bunda pun akan lebih mudah lagi dalam memahaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *