Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

By | November 9, 2018

Menjadi orang tua pastilah hal yang tidak mudah. Bukan hanya harus memberikan kasih sayang namun juga harus tahu perkembangan apa yang sudah ada pada diri anak. Terutama jika anda ibu atau ayah baru yang mempunyai bayi baru berumur 0-12 bulan. Pastilah anda belum tahu perkembangan apa saja sih yang harus ada pada bayi 0-12 bulan. Pertumbuhan dan perkembangan bayi 0-12 bulan harus anda perhatikan dengan betul agar anda dapat membantu bayi anda dan juga agar anda tidak panik jika anda melihat perkembangan bayi anda.

Untuk bayi yang baru saja lahir, anda jangan heran jika mereka akan kehilangan berat badan. Hal tersebut pasti saja terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun melalui asupan asi dari ibunya, berat bayi akan kembali naik setelah kira-kira 2 minggu setelah mereka lahir. Selain itu nanti berat badannya pun akan terus naik sebanyak kira-kira 20-30 gram. Bayi yang baru lahir juga akan sering pup. Pupnya pun akan bewarna kehitaman. Hal in dikarenakan mereka mengeluarkan sisa makanan yang dibawa mereka ketika di perut.

Ketika bayi mulai memasuki usia 1 hingga 3 bulan bayi akan mulai bisa memasukkan tangan ke mulutnya. Bayi juga mulai mengikuti adanya suara dan juga cahaya yang mereka lihat. Otot leher bayi juga sudah mulai kuat. Sehingga mereka sudah mulai mampu untuk menegakkan kepala. Pada masa di bulan ke 1 hingga ke 3, bayi akan mulai bertambaha beratnya kira-kira 600-900 gr. Kemudian pada masa di umur ini, bayi sudah mulai bisa untuk menangis dengan tahapan yang berbeda. Entah mereka lapar atau mengantuk, jenis tahapannya akan berbeda. Dikarenakan pada masa ini bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara dan mengikuti cahaya. Anda bisa membantu bayi anda untuk memberikan mainan yag berbunyi. Lalu anda bisa membeli mainan yang bewarna-warni. Seperti mainan yang dapat diputar-putar dan digantungkan di atas.

Selanjutnya perkembangan apa yang terjadi pada bayi 4-6 bulan? pada umur ini bayi akan mulai bisa memiringkan badanya ke kiri dan ke kanan. Mereka juga sudah bisa untuk menegakkan kepalanya dengan sempurna. Pergerakan bayi akan lebih aktif. Bahkan pada bulan ke 5 atau ke 6 biasanya bayi sudah bisa duduk. Mengenai beratnya akan bertambah hingga 2 kali lipat. Bayi akan mulai tertawa dengan reaksi yang diberikan oleh anda kepada bayi. Bayi juga sudah mulai ingin mengoceh, mengikuti anda bernyanyi misalnya. Anda bisa teruk mengajak mereka berinteraksi agar mereka terangsang untuk mengikuti anda.

Selanjutnya untuk bayi 6-9 bulan, bayi akan sudah mulai bisa duduk dengan sempurna tanpa ada apapun di belakang mereka. Artinya mereka sudah mantap duduk. Kemudian bayi akan mulai ingin merangkak. Bahkan di usia 9 bulan bayi sudah ingin merangkak. Ada juga yang sudah merangkan di usia ini. Mereka juga sudah mulai bisa memegang benda dengan erat, bahkan dimasukkan ke dalam mulutnya. Bayi juga mulai bisa memegang makanan sendiri untuk dimasukkan ke mulut. Pada tahap ini anda bisa mengajarkan mereka untuk minum sendiri.

Pada tahap 9-12 bulan, bayi akan mulai berdiri dan ingin merambat. Anda bisa ajarkan mereka dan terus mengawasi jika mereka ingin merambat jalan. Pada tahap ini bayi sudah mulai akan memanggil nama anda seperti ibu atau ayah, mama papa. Dan kata yang mudah lainnya. Kemudian pada bulan ke 12 biasanya bayi sudah ada yang bisa berjalan. Tergantung dari perkembangan masing-masing bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *