Ini Dia 7 Ciri-ciri Hamil Muda

By | November 14, 2018

Hal pertama yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah, yakni adalah kehamilan. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini merupakan momen yang paling membahagiakan bagi mereka. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah bunda sudah tahu tentang tanda-tanda yang sering muncul di usia kehamilan muda? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang ciri ciri hamil muda, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Perubahan Pada Ukuran Payudara

Ciri-ciri pertama yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yakni perubahan pada ukuran payudara. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal itu dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone. Dengan demikian, maka tak heran jika payudara bunda akan terasa semakin lembut, putting membesar yang disertai dengan perubahan warnanya yang menggelap, hingga terkadang menimbulkan rasa gatal. Selain itu, pembuluh vena pada payudara bunda juga akan mengalami penegangan sehingga akan terlihat membesar.

  1. Mual dan Muntah-muntah

Ciri yang berikutnya adalah mual dan muntah-muntah, atau yang biasa disebut dengan nama morning sickness. Menurut para dokter kandungan, hal ini terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormone HGC (Human Chorionic Gonadotrophin) secara mendadak.  Biasanya kondisi morning sickness ini akan hilang dengan sendirinya, ketika memasuki kehamilan trimester kedua. Secara umum, masalah morning sickness ini kerap terjadi pada pagi hari. Namun, tak jarang juga masalah tersebut terjadi pada siang dan malam hari.

  1. Sering Mengantuk dan Tubuh Yang Mudah Lelah

Ciri-ciri berikutnya yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yakni sering mengantuk dan tubuh yang mudah kelelahan. Selain dikarenakan adanya perubahan hormonal, hal itu juga disebabkan karena adanya peningkatan kinerja pada beberapa organ tubuh seperti paru-paru, ginjal, jantung, dan organ vital lainnya. Di samping itu, perut bunda juga akan terlihat semakin membesar.

  1. Indera Penciuman Menjadi Sensitif

Bunda jangan heran, apabila bunda akan merasakan mual-mual saat mencium sesuatu bau yang menyengat. Pasalnya, hal itu dikarenakan adanya peningkatan pada indera penciuman dan hormone esterogen, yang membuatnya lebih sesnsitif pada aroma-aroma yang menyengat.

  1. Perubahan Pada Tingkat Mood

Pada usia kehamilan muda ini, biasanya emosi bunda menjadi tidak stabil. Ya, bunda akan mudah marah dan juga mudah sedih. Hal tersebut dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormone, sehingga tingkat mood bunda menjadi tidak stabil. Biasanya kondisi ini sering terjadi ketika bunda baru bangun tidur di pagi hari.

  1. Timbul Flek Darah Yang Disertai Kram Pada Perut

Ciri-ciri selanjutnya yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yakni timbulnya flek darah yang disertai kram pada perut. Meski tidak semua wanita hamil akan mengalaminya, namun flek darah ini akan muncul sebelum masa menstruasi yang akan datang. Menurut dokter kandungan, flek darah ini akan terjadi pada rentang waktu 8 – 10 hari setelah terjadinya proses ovulasi. Bercak darah tersebut merupakan ciri-ciri hamil yang disebabkan adanya implantasi, atau telah terjadi penempelan embrio pada bagian dinding rahim.  Disamping munculnya flek darah, kondisi ini juga akan disertai dengan kram pada area perut bunda yang akan terus berlanjut hingga kehamilan trimester ketiga.

  1. Sering Membuang Urine (kencing)

Dan ciri-ciri terakhir yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yakni sering buang air kecil alias kencing, yang disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah.

Itulah beberapa ciri-ciri yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yang tentunya harus bunda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *