Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

By | September 16, 2018

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal pada sebuah kuliner yang bernama bubur kacang hijau? Ya, sebagai orang Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Biasanya, sebagian besar masyarakat kita selalu menjadikan bubur kacang hijau ini sebagai salah satu menu sarapan pagi. Selain cocok untuk dijadikan menu sarapan pagi, bubur kacang hijau juga sangat pas jika disantap disore maupun dimalam hari. Tak hanya enak dan lezat, ternyata bubur kacang hijau ini juga menyimpan segudang manfaatnya bagi kesehatan ibu hamil lho. Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, mari kita simak saja langsung penjelasannya di bawah ini :

  1. Mengurangi Resiko Cacat Lahir Pada Bayi

Manfaat pertama yang luar biasa dari bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat mengurangi resiko cacat lahir pada bayi seperti kelainan jantung, bibir sumbing, hingga kerusakkan pada otak. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, bubur kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk pertumbuhan janin. Tak hanya sampai disitu saja, bubur kacang hijau juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilannya.

  1. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain bermanfaat untuk mengurangi resiko cacat lahir pada bayi, bubur kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Ya, biasanya ibu hamil selalu dihadapkan pada masalah sembelit atau sulit BAB. Namun dengan mengonsumsi bubur kacang hijau, maka masalah sembelit dan susah BAB tersebut akan terselesaikan. Pasalnya, bubur kacang hijau ini kaya akan kandungan serat yang bagus untuk sistem pencernaan.

  1. Dapat Memelihara Kesehatan Tulang

Berdasarkan dari hasil penelitian, setiap 100 gram kacang hijau ini mengandung zat besi sebanyak 1,4 gram. Semakin banyak bubur kacang hijau yang dikonsumsi, maka akan semakin kecil juga peluang anda terkena penyakit ostheoporosis atau keropos tulang. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan kalsium pada bubur kacang hijau ini dapat mendukung pertumbunhan janin dengan baik lho.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat berikutnya yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni dapat mencegah penyakit anemia. Penyakit anemia itu sendiri bisa muncul dikarenakan tubuh kita yang kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Mengingat bubur kacang hijau ini kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B12, maka tidak heran jika penyakit anemia tersebut dapat dicegah.

  1. Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di duinia. Itu sebabnya, mengapa banyak sekali orang-orang yang berusaha semaksimal mungkin agar kondisi kesehatan jantungnya senantiasa terjaga. Menurut para pakar gizi terkemuka dunia, bubur kacang hijau ini memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

  1. Bagus Untuk Pertumbuhan Janin

Manfaat terakhir yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil, yakni bagus untuk pertumbuhan janin. Ya, hal itu juga tidak terlepas dari tingginya kandungan asam folat pada bubur kacang hijau, yang dapat mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan secara baik.

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil. Dengan manfaatnya yang begitu luar biasa, maka tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mengonsumsi bubur kacang hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *