Deretan 7 Kopi dengan Harga Termahal di Dunia

By | April 17, 2018

Anda pecinta kopi? Jenis minuman yang satu ini banyak digemari dan menjadi minuman hits saat ini. Banyak kafe khusus kopi yang menyediakan beragam racikan kopi dengan harga yang bervariasi. Harga kopi dipengaruhi oleh kualitas rasa juga aromanya. Berikut ini merupakan deretan kopi termahal di dunia yang bisa Anda cicipi, terutama para pecinta kopi.

  1. Black Ivory

Jenis kopi pertama yang termasuk jajaran kopi termahal dunia adalah Black Ivory. Kopi yang harganya selangit ini pertama kali ditemukan oleh seorang pria Kanada di Thailand. Ketika itu, gajah diberi makan biji kopi, kemudian di kotorannya bisa ditemukan biji kopi yang belum hancur karena dicerna oleh pencernaan gajah yang kuat.

Untuk itu, pada dasarnya pengolahan kopi ini hampir sama dengan kopi luwak. Kopi yang berasal dari kotoran gajah ini diolah untuk mendapatkan biji kopi pilihan dengan tingkat kematangan sempurna. Proses pengolahan dimulai dengan pemisahan antara biji kopi dengan kotoran gajahnya. Aroma kopinya lebih harum dengan rasa kopi ini lebih nikmat.

  1. Panama Hacienda Geisha Canas Verdes

Jenis kopi selanjutnya ini juga tak kalah menawan dengan kualitas unggulnya yang sudah terpercaya dan menjadi kegemaran para penikmat kopi. Kopi ini tumbuh di Boquete dan banyak dibudidayakan dalam naungan pohon jambu biji tua, kemudian populer dengan rasanya yang nikmat. Anda bisa menikmati kopi ini dengan harga $104 per pon.

  1. Kopi Luwak

Setelah mengenal dua jenis kopi sebelumnya, kini akan dibahas mengenai kopi luwak yang merupakan kopi asal Indonesia. Cita rasa beserta aromanya yang memikat ini menjadi pilihan para pecinta kopi. Harganya yang selangit setara dengan kualitas biji kopi yang benar-benar matang. Namun sayangnya, saat ini banyak sekali beredar kopi luwak palsu. Terlebih, sekarang sudah menjadi sebuah merk. Sangat disayangkan.

Proses pengolahannya yang cukup panjang juga berpengaruh pada harganya yang tinggi, yaitu dengan proses pemisahan biji kopi dari kotoran luwak. Proses pengeringan hingga pembuatan menjadi bubuk juga membutuhkan waktu. Harga jual kopi luwak mencapai $160 per pon atau Rp1.500.000,00 setiap setengah kilogram.

  1. El Injerto

Kopi yang berasal dari Guatemala ini tak kalah nikmatnya dengan kopi sebelumnya. Salah satu kopi yang masuk jajaran kopi termahal dunia ini menjadi varian lain bagi para pecinta kopi.

Harganya yang lebih terjangkau dari jenis kopi sebelumnya menjadikan kopi ini sebagai alternatif pilihan. Anda bisa membelinya dengan harga $50 per pon atau Rp470.000,00 per setengah kilogram.

  1. Fazenda Santa Ines

Sebagai negara yang terkenal dengan hasil kopinya, Brazil punya varian kopi nikmat yang menjadi salah satu kopi termahal dunia. Kopi ini dapat dinikmati diĀ  kafe-kafe dan banyak pecinta kopi yang senang mengonsumsinya. Harga jual kopi ini mencapai harga $50 setiap pon atau Rp470.000,00 setiap setengah kilogram.

  1. Los Planes

Kopi ini bisa dinikmati dengan membeli seharga $40 setiap pon atau Rp370.000,00 setiap setengah kilogram. Dalam sejarahnya, kopi ini pernah menduduki peringkat kedua dari ajang Piala of Excellence 2006 setelah kopi Fazenda Santa Ines. Setelah itu, kopi ini jadi semakin terkenal.

  1. Kopi Kona Hawai

Selanjutnya adalah kopi Kona Hawai yang bisa diperoleh dengan harga $34 per pon atau Rp320.000,00 per setengah kilogram. Awalnya, kopi ini diperoleh karena Brazil memperkenalkan kopi ke Inggris, tepatnya di tanah vulkanis Kona di akhir tahun 1820-an. Rasa kopi ini sungguh nikmat dan aromanya tidak kalah sedap dengan kopi lainnya.

Kenikmatan seduhan kopi termahal di dunia tersebut memang berbeda dari segi aroma dan rasa. Para pecinta kopi sangat memperhatikan hal ini. Dengan demikian, jangan heran jika mereka rela mengonsumsi kopi termahal di dunia tersebut karena kelezatan di setiap tegukan, meski harus merogoh kocek lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *