4 Alasan Kenapa Harga Kopi Luwak Bisa Sangat Tinggi

By | February 11, 2018

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, kenapa harga kopi luwak yang notabene adalah kopi yang berasal dari kopi biasa harganya bisa sangat fantastis. Sebagian orang lain mungkin juga bertanya-tanya kenapa ada kopi luwak yang dijual dengan harga sangat tinggi padahal mereka bisa menemukannya dengan harga murah di pasaran.

Bagi orang awam, mungkin hal ini aneh. Anda harus ingat, di dunia ini ada yang asli dan yang palsu. Kopi luwak asli harganya memang sangat mahal. Sedangkan kopi luwak yang aspal jelas saja jauh lebih murah, seperti yang sering Anda temukan di pasaran dalam bentuk sachet. Nah, sebenarnya apa alasan kopi luwak bisa dibanderol dengan harga sangat tinggi?

  1. Proses Pembuatan

Salah satu alasan yang membuat harga kopi luwak sangatlah tinggi adalah proses pembuatannya. Kopi luwak dibuat dengan menggunakan bantuan hewan luwak atau musang kelapa. Meski sama-sama berasal dari satu pohon, kopi luwak jauh lebih baik dibanding kopi arabika atau robusta biasa.

Sebab, kopi luwak adalah kopi pilihan. Luwak hanya akan mengonsumsi buah kopi dengan kualitas terbaik saja dan meninggalkan yang jelek. Misalnya saja Anda meletakkan satu nampan penuh berisi kopi, yang akan dikonsumsi luwak paling hanya 10 hingga 30 persen saja.

Kenapa mereka hanya makan sedikit? Anda pasti tahu, makhluk hidup punya daya tampung terbatas. Anda tak bisa memaksa hewan luwak makan banyak kopi. Anda juga tak bisa memaksa mereka menghabiskan seluruh kopi yang dihabiskan. Benar, kan?

  1. Kadar Asam dan Kafein yang Rendah

Asalan berikutnya yang menyebabkan harga kopi luwak yang asli sangat mahal adalah kadar kafein dan asamnya yang sangat rendah. Pada dasarnya, semua kopi mengandung kadar kafein sebanyak 2%. Sedangkan kopi luwak hanya mengandung 0,5% saja. Ini membuat kopi luwak ini aman untuk orang yang menderita banyak penyakit sekalipun.

Salah satunya adalah penderita maag. Penderita maag biasanya sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi karena bisa menaikkan asam lambungnya. Tapi tidak dengan kopi luwak. Begitu juga dengan penderita diabetes dan jantung. Kopi luwak ini aman untuk mereka konsumsi.

  1. Hasil Fermentasi Alami

Dalam saluran pencernaan si luwak, kopi yang dikonsumsi akan mengalami proses fermentasi. Tahukah Anda, berapa lamanya fermentasi dalam perut luwak yang dialami para biji kopi? Tak sampai 24 jam. Tapi jangan salah. Proses fermentasi yang tidak lama ini hasilnya sama dengan proses fermentasi manual selama 5 hingga 8 tahun.

Mengapa bisa begini? Sebab, di dalam perut luwak, biji kopi akan mengalami proses fermentasi dengan bantuan enzim tertentu. Enzim inilah yang berperan dalam hasil fermentasi yang baik. Hasil dari fermentasi ini akan menghasilkan kopi dengan kandungan kafein yang sangat rendah.

  1. Bakteri yang Lebih Sedikit

Terakhir adalah bakteri yang lebih sedikit. Dibandingkan biji kopi biasa yang disangrai, kopi luwak mengandung lebih sedikit bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Ini jugalah yang jadi salah satu alasan kenapa kopi luwak ini aman dikonsumsi penderita beberapa penyakit. Bahkan, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa mencegah berbagai penyakit syaraf.

Nah, sudah mengerti, kan? Ada banyak alasan yang membuat kopi luwak sangat mahal harganya. Jadi, bila Anda menemukan kopi luwak yang dijual dengan harga murah di pasaran atau di dekat rumah Anda, masihkah Anda yakin itu adalah kopi luwak yang asli? Bukan yang palsu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *