6 Kawah Indah di Indonesia yang Sayang jika Dilewatkan

By | January 12, 2018

Hasil gambar untuk reservasi.com kawah

Tak hanya pemandangan deretan gunung tinggi saja, Indonesia pun memiliki kawah-kawah bekas letusan gunung-gunung berapinya. Bekas letusan ini malah sebagiannya menjadi wisata yang sangat memikat dan sayang untuk dilewatkan.

Pada bulan bulan tertentu biasanya para pendaki memanfaatkan promo pesawat ke beberapa daerah demi bisa mendaki gunung. Berikut 6 kawah di Indonesia dengan pemandangan yang membuat pengunjung tak mau beranjak.

  • Kawah Putih Ciwidey

Memiliki pemandangan yang cantik, membuat kawah Ciwidey banyak didatangi wisatawan. Mempunyai ciri khas kawah dengan gradasi warna biru dan putih yang memikat, tempat wisata ini terbilang sangat instagramable. Tak heran jika banyak orang menjadikan tempat ini sebagai latar foto untuk berbagai kepentingan.

Berada di kawasan Bandung Selatan, Kawah Putih jadi icon wisata di daerah Ciwidey sejak beberapa tahun lalu. Wisata ini jadi wisata legend yang wajib dikunjungi jika datang ke Ciwidey. Seperti kebanyakan tempat wisata, di Kawah Putih sudah lengkap dengan fasilitas umumnya. Kamar mandi, mushola dan penjual makanan bisa ditemukan kok ditempat ini.

Meski terbilang jalan yang dilalui cukup sulit tapi semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan Kawah Putih. Satu yang unik, pengunjung tidak bisa langsung membawa kendaraan sampai ke dekat kawah, tetapi akan diantar dengan kendaraan bernama Ontang-Anting yang jika dalam Bahasa Sunda berati bulak-balik.

Jaraknya yang selemparan batu dari Bandung membuat kamu jadi lebih mudah hotel online booking lewat Reservasi.com yang memberikan promo hotel terbaik.

  • Kawah Gunung Papandayan

Selain Kawah Putih, tanah Pasundan juga memiliki kawah lain yakni Kawah Gunung Papandayan. Mulai di kelola oleh pihak swasta, banyak perubahan yang terjadi di area wisata Gunung Papandayan. Perubahan yang ada tentunya berdampak baik untuk tempat wisata sendiri karena semakin nyaman bagi wisatawan.

Kawah gunung papandayan sendiri terkenal dengan jumlahnya yang banyak dan berpindah-pindah. Hal ini terjadi karena Gunung Papandayan masih tergolong gunung yang aktif. Tak hanya berfoto dan melihat kawah yang ada. Wisatawan pun bisa berendam air hangat dikawasan tempat wisata dengan latar pemandangan Kawah Papandayan. Serunya ada tempat lain yang nggak kalah kece dari kawahnya, ada taman bunga edelweis dan hutam mati yang bakal jadi spot foto keren.

Pengelolaan dari pihak swasta yang apik, membuat area gunung papandayan jadi lebih tertata. Ditambah, banyak pula fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman berwisata ke tempat ini seperti mushola, tambahan kolam dewasa maupun anak-anak, dan juga penginapan.

  • Kawah Ijen Banyuwangi

Sudah banyak dikunjungi turis lokal maupun asing, keindahan kawah ijen memang sudah banyak dikenal wisatawan. Blue Fire sebagai salah satu magnet dari Kawah Ijen juga jadi alasan banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke Banyuwangi. Bahkan fenomena Blue Fire ini disebut-sebut hanya ada dua di seluruh dunia.

Berada di antara dua wilayah yakni Bondowoso dan Banyuwangi, Kawah Ijen jadi harta karun tak ternilai bagi warga sekitar. Ditambah lagi, Kawah Ijen ini sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO. Memakan waktu 2 jam perjalanan menuju puncak, pengunjung bisa sudah bisa memandang Kawah Ijen sekaligus bonus Blue Fire jika sampai di waktu shubuh. Seperti di daerah Gunung Bromo, sunrise di Kawah Ijen menyuguhkan pemandangan yang memukau mata tentu dengan suasana yang berbeda.

Jika beruntung gunakan saja promo pesawat dari Jakarta ke Banyuwangi. Dijamin harganya tidak lebih mahal dibandingkan dengan tiket ke Bali.

  • Kawah Putih Tinggi Raja

Tak kalah indah dengan kawah putih yang ada di Ciwidey, Kawah Putih Tinggi Raja masih sangat asri lingkungannya. Perpaduan antara bongkahan batuan mirip es yang sebenarnya batuan kapur yang dikelilingi air berwarna biru, lokasi ini yang jadi incaran para traveler penyuka petualangan. Kawah putih ini berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja Kecamatan Silau Kahetan, Kabupaten Simalungun, Medan.

Masuk dalam kawasan Cagar Alam Tinggi Raja, kawah satu ini justru berada diantara hutan. Akses jalan menuju tempat ini pun terbilang sulit karena masih bebatuan, sehingga hanya kendaaraan off road yang cocok untuk melintas. Ditambah jarak tempuh yang jauh sekitar 3-4 jam dari Kota Medan, membuat wisata ini kurang tenar meski memiliki keindahan yang tak biasa.

  • Kawah Kelimutu

Terkenal dengan pesona danau tiga warna, Kawah Kelimutu sukses mengangkat nama Flores popular dengan keindahan alamnya. Start awal jika ingin menikmati pesona Kawah Kelimurtu adalah menuju Kampung Moni sebagai “gerbang.” Jarak dari Kampung Moni menuju puncak Gunung Kelimutu berkisar 13 km.

Setelah berada di puncak, wisatawan akan diberi pemandangan danau tiga warna yang selalu berubah-rubah warnanya setiap tahunnya. Ketiga danau ini diberi nama oleh warga sekitar berdasar kedalaman danau. Danau paling dalam dengan warna hijau diberi nama Tiwu Nua Muri Koo Fai, lalu ada Tiwu Ata Mbupu, dan Tiwu Ata Polo.

Biasanya para pendaki tak meski harus menunggu ada promo pesawat demi menyaksikan langsung pesona keindahan kawah tiga warna yang pernah masuk dalam mata uang rupiah ini.

  • Kawah Anak Segara

Kawah Anak Segara memiliki fungsi sebegai penampung air bagi seluruh kehidupan di Lombok. Jadi salah satu destinasi wisata selain Puncak Gunung Rinjani, Kawah Anak Segara menawarkan pemandagan danau di atas gunung. Pemandangan nan menawan ini bisa dijumpai di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Jadi destinasi wajib jika mendaki Gunung Rinjani, Kawah Anak Segara bahkan masuk dalam jalur pendakian. Kawah ini juga bagai obat pelepas lelah bagi para pendaki setelah ratusan langkah yang telah dilewati. Masih temasuk gunung yang aktif, tetap perlu kehati-hatian lebih untuk mendaki gunung yang berada dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini.

Biasanya sepulang dari Rinjani, beberapa traveler menyempatkan mencari hotel online booking di Reservasi.com hanya sekadar untuk melepas penat setelah mendaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *