Peralatan Surfing, Mengenal Masing-masing Fungsinya

By | August 8, 2017

Indonesia dengan kekayaan maritim nya memiliki potensi dalam hal pariwisata. Selain spot menyelam dan snorkeling yang banyak di explore oleh para wisatawan, ternyata ombak Indonesia pun tidak kalah menantang dengan ombak pantai di dunia lainnya. Demi menarik minat wisatawan, pemerintah pun kerap mengadakan kompetisi surfing baik nasional hingga internasional sehingga sekaligus mempromosikan kekuatan ombak pantai Indonesia yang wajib untuk ditaklukkan. Peralatan surfing pun menjadi incaran untuk dibeli demi bisa mengikuti kompetisi menantang ombak ini.

Jika Anda hanya tahu bahwa surfing hanya butuh papan surfing, maka hal ini salah besar karena ternyata aktivitas surfing juga butuh berbagai peralatan seperti berikut ini:

  • Rash guard

Ada baiknya jika berencana untuk surfing, Anda lebih baik memakai kaos yang khusus. Memang kaos khusus untuk surfing ini cenderung lebih mahal dibanding kaos biasa karena memang mampu melindungi para surfer, sebutan untuk orang yang surfing. Selain tahan air garam dan kaporit, rash guard juga membuat surfer nyaman ketika melakukan aktivitas surfing serta bisa terlindung dari terpaan matahari.

  • Leash

Jika Anda memperhatikan dengan cermat, para surfer selalu memakai tali di bagian kakinya ketika surfing. Tali ini disebut dengan leash dimana tali ini sebagai penghubung dengan papan surfing nya. Leash ini sangat penting sehingga para surfer tidak terpisah jauh dengan papannya ketika terjatuh di dalam air nantinya.

  • Board

Papan surfing tentu menjadi peralatan surfing yang terpenting. Terdapat 3 jenis papan yang utama. Desain dari ketiga jenis papan ini meski sekilas terlihat sama namun sebetulnya cukup berbeda. Untuk pemula, hanya cocok dengan 2 papan diantaranya. Untuk mengetahui bentuknya, maka Anda perlu melihat secara langsung dan bisa terlihat perbedaan ketiganya.

  • Wax

Untuk bisa menambah daya lekat kaki ke papan selancar, maka Anda membutuhkan wax. Anda bisa mengoleskannya secara tipis pada papan selancar demi bisa menjadikan kaki terpijak secara lebih baik nantinya. Anda bisa menemukan berbagai wax di toko-toko sesuai dengan suhu di air yang akan menjadi obyek surfing Anda.

  • Wax comb

Peralatan yang berbentuk seperti sisir ini difungsikan untuk bisa meratakan wax yang Anda oleskan. Dengan wax comb, maka wax yang alam bisa terangkat dan lebih kasar sehingga pijakan kaki semakin mantap. Jika Anda ingin membersihkan wax sebelumnya, alat ini juga bisa digunakan.

  • Board short

Board short ini merupakan celana pendek yang banyak dipakai oleh para surfer. Modelnya memang hampir sama dengan celana kolor lainnya, namun di balik itu semua, ternyata bahan board short ini berbeda. Celana ini cenderung mudah kering dan fleksibel ketika dipakai sehingga akan membuat kenyamanan maksimal ketika bersurfing.

  • Fins

Fins atau biasa disebut juga dengan sirip berfungsi untuk dapat mengatur laju serta arah dari papan selancar. Kini sudah banyak jenis fins yang tersedia yang bisa dipilih tergantung dari karakter serta kekuatan ombaknya.

  • Kunci fins

Kunci ini diperlukan untuk membuka fins. Umumnya ketika papan selancar akan dibawa dalam sebuah perjalanan, maka fins akan dibuka sehingga tidak khawatir akan patah. Kunci inilah yang diperlukan untuk melepaskan fins tersebut.

Ternyata peralatan surfing cukup banyak bukan? Jika Anda tertarik untuk belajar surfing, maka bisa menuju ke beberapa pantai yang ada di Indonesia yang biasa dijadikan tempat untuk surfing. Ada banyak sekali pelatih surfing yang bisa Anda sewa untuk mengajari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *