Membangun Budaya Bermusik dalam Keluarga

By | July 5, 2017


Musik di keluarga Anda terutama untuk anak-anak tidak hanya bertujuan sebagai hiburan semata namun juga mempunyai manfaat lebih sebagai alat belajar yang dapat berguna untuk tumbuh kembang anak Anda. Karena itulah mengapa orang tua disaraknkan untuk membangun budaya bermusik dalam keluarga. Kenalkan musik kepada anak Anda sedini mungkin bahkan kalau bisa sejak masih dalam kandungan.

Mengenalkan Budaya Musik Sejak Dini pada Anak

Lalu bagaimanakan caranya mengenalkan dan membangun budaya bermusik pada anak-anak Anda? Simak cara mudah di bawah ini.

  1. Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu adalah cara yang paling mudah untuk membangun budaya bermusik di keluarga Anda. Anda bisa membuat playlist lagu untuk anak-anak Anda tentunya dengan lagu yang sesuai bagi anak Anda seperti lagu anak-anak atau bisa juga musik klasik yang bermanfaat untuk anak. Selain menumbuhkan minat dan bakat bermusik, mendengarkan lagu anak-anak bagi putra dan putri Anda juga dapat mendidik, menyenangkan anak, serta membuat mereka bisa belajar dengan cara yang menyenangkan juga.

  1. Mengenalkan jenis-jenis alat musik

Dengan mengenalkan beragam jenis alat musik pada anak juga dapat membantu mengembangkan budaya bermusik dalam kelurga Anda. Anak akan menjadi peka terhadap nada dan ketukan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak Anda seperti membeli buku musik, menonton video orang bermain musik, atau memberikan alat-alat musik sederhana agar dia dapat mulai belajar mengenal bunyi-bunyian. Ada pula cara lain yaitu mengajak anak jalan-jalan ke toko musik untuk dapt melihat langsung bentuk visual dari alat musik dan bunyinya itu. Dengan cara-cara itulah Anak dapat mudah memahami musik.

  1. Bernyanyi

Walaupun hanya sekedar bersenandung atau menyanyikan lagu secara asal, namun cara-cara ini dapat membangkitkan gairah anak untuk mengenal musik lebih dalam. Ajak anak Anda bernyanyi lagu anak-anak yang mudah agar mereka mulai menyukai musik.

  1. Menonton YouTube

Menonton video-video musik di YouTube juga bisa menjaid alternatif yang mudah. Dengan YouTube Anda bisa mencari video apa saja termasuk video musik. Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mengenalkan musik pada anak-anak Anda. Bukan hana mendengar musik saja, namun mereka juga bisa melihat visual bentuk alat musiknya. Audio visual merupakan metode pembelajaran yang efektif bagi anak sehingga mereka lebih mudah memahami musik. Namun pastikan Anda memilih video yang benar-benar tepat bagi anak Anda. Anda bisa cek beberapa channel di YouTube yang memang dikhususkan untuk anak-anak.

  1. Kelas musik

Jika anak Anda memang menunjukkan semangtanya dalam bermusik, maka tidak ada salahnya untuk mengenalkan musik dengan lebih serius. Ajaklah anak untuk bergabung ke kelas musik. Sekarang sudah banyak les musik yang menerima murid berusia 3 tahun. Mereka bisa menemukan bakat mereka dengan les musik.

Sumber: http://petrofpianogaleri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *