Ketahui Jenis-Jenis Reksadana Terbaik Sekarang

By | July 23, 2017


Berinvestasi merpakan suatu cara dimana Anda dapat mengatur berbagai keuangan Anda secara dengan baik dan terjamin keamanannya. Investasi merupakan cara agar setiap dana berupa keuangan Anda akan di investasikan di pasar modal atau saham, begitu juga investasi di Reksadana, yaitu suatu wadah untuk Anda yang ingin berinvestasi untuk menampung dana yang diinvestasikan oleh sekumpulan investor, caranya dengan membeli membeli salah satu atau beberapa produk dari Reksadana pada manajer investasi yang terpercaya. Kemudian, nantinya modal atau dana para ivestor tersebut akan dikelola oleh manajer investasi untuk dibuat kedalam portofolio investasi baik berupa saham atau efek, pasar uang, obligasi ataupun sekuriti lainnya.  Berikut ini jenis-jenis investasi reksadana terbaik yang harus Anda ketahui:

  1. Reksadana Pendapatan Tetap. Yaitu seluruh penempatan dananya minimal harus 80% pada obligasi, investasi ini merupakan investasi menengah ang mana kurun waktu investasinya adalah 1 sampai 3 tahun atau 5 tahun. Dan investasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek.
  2. Reksadana Pasar Uang. Seluruh penempatan dananya pada deposito tertentu yang telah memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Jenis investasi ini memiliki resiko yang sangat rendah akan tetapi return yang didapat pun relatif kecil dibandingkan dengan Reksadana yang lain. Dan investasi ini snagat cocok untuk Anda yang ingin berencana untuk liburan, menikah ataupun umroh, karena jangka waktunya hanya 1 sampai 2 tahun saja.
  3. Reksadana Saham. Yaitu investasi saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau BEI dan penempatn dananya pun minimal 80% pada saham. Reksadana jenis ini memiliki return yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya dan memiliki resiko yang cukup tinggu pula. Dan Reksadana ini juga bersifat jangka panjang cocok untuk Anda gunakan sebagai simpanan hari tua.
  4. Reksadana Campuran. Yaitu pada saham dan obligasi. Return yang didapatkan pun dari Reksadana ini bisa lebih besar dari Reksadana pendapatan tetap dan tidak lebih besar dari Reksadana saham. Dan cukup beresiko karena penempatannya pun pada saham.

Itulah beberapa jenis-jenis reksadana terbaik yang perlu Anda ketahui sebelum mengetahui cara investasi reksadana dan memutuskan untuk membeli reksadana di perusahaan investasi yang cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *