Jangan Lakukan Modifikasi Motor Yamaha Pada Bagian Berikut

By | June 14, 2017


Mengulang judul di atas, jangan lakukan modifikasi motor yamaha pada bagian tertentu. Mengapa? Sebab bila anda berani memodifikasinya, dijamin anda tidak akan berkendara dengan nyaman dan aman. Terutama bila anda melintasi pos polisi atau polisi yang sedang melakukan penertiban lalu litas. Anda bisa kena tilang, hal ini karena beberapa bagian berikut ini secara hukum tidak diperbolehkan untuk di modifikasi.

Melalui Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Umum, tepatnya UU No. 22 tahun 2009 beserta peraturan pelaksanaanya, pemerintah telah melarang adanya modifikasi pada bagian ternetu sebuah kendaraan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pegendara sendiri dan orang lain. Sehingga bagian tersebut di bawah ini harus tetap dalam kondisi sebenarnya. Kalaupun diubah harus dengan batas-batas tertentu.

Bagian Motor Yamaha Yang Tak Boleh di Modifikasi

Nah, beberapa bagian motor yamaha yang tak boleh dimodifikasi adalah sebagai berikut:

  1.    Ban

Menurut peraturan pelaksana UU Lalu Lintas anda tidak diperkenankan menggunakan ban yang lebih kecil yang berada di bawah ukuran standar. Sebab ukuran ban yang lebih kecil di bawah ukuran standar sangat berbahaya bagi pengguna kendaraan. Ban akan mudah slip, sehingga anda dilarang untuk mengganti di bawah ukuran standar. Kalau untuk yangv lebih besar, sepertinya diperbolehkan.

  1. mengganti bagian yang bisa berakibat bahaya

Apa saja bagian itu, diantaranya adalah spion, lampu sein dan juga knalpot. Ada aturan khusus mengenai beberapa spart part tersebut. Mereka semua harus terpasang pada kendaraan bermotor anda. misalnya untuk knalpot, ada ketentuanya seperti apa. Hal yang sama juga berlaku untuk kaca spion dan juga lampu sein.

  1. mengganti Mesin

Sepanjang anda menggantinya dengan tipe dan merek yang sama sebenarnya tidak jadi masalah. Tapi bila anda menggantinya dengan tipe dan merek yang berbeda, akan berakibat masalah. Jadi anda masih bisa mengganti mesin dengan mesin yang lebih batu selama masih satu merek dan tipe.     

Jadi mulai sekarang jelas kan, mana saja modifikasi motor yamaha yang dilarang? Kamu masih bisa berktreativitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *