Perhatikan Hal Ini Untuk Menghindari Kesalahan Saat Sewa Rumah

By | May 15, 2017

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak menginginkan untuk memiliki rumah dan tempat tinggal sendiri. Namun nilai jual rumah yang cukup tinggi membuat kita terpaksa memilih alternative untuk sewa rumah dibandingkan dengan beli rumah. Meskipun sewa rumah menjadi pelampiasan kita saat beli rumah tidak bisa kita wujudkan. Namun hal ini jangan lantas membuat kita justru asal – asalan ketika memilih rumah untuk kita tinggali meskipun hanya sewa untuk waktu yang sebentar.

Memilih rumah kontrakan atau rumah sewa harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kita. Memilih rumah sewa sama seperti memilih rumah sendiri. Perlu banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang sebelum memilih. Karena ketika kita salah menentukan pilihan akan membuat kita menyesal dan terbebani ketika tinggal di tempat tersebut. Simak beberapa tips beriku ini agar rumah sewa bisa menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk ditempati.

Tentukan Budget Yang Kamu Sanggupi

Nilai sewa rumah merupakan hal pertama yang harus kamu pikirkan saat memilih rumah sewa. Tentukan terlebih dahulu berapa nilai uang yang bisa kamu sanggupi untuk membayar uang sewa rumah. Jangan sampai harga sewa rumah ini justru membuat kamu tersiksa sehingga keteteran dengan pengelolaan keuanganmu.

Pilih rumah sewa yang memiliki sistem pembayaran yang sesuai dengan kemampuan kita apakah per bulan atau per tahun. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan pemilik rumah. Buat rincian anggaran untuk menyisihkan sewa rumah dan kebutuhan lainnya. Jangan sampai uang untuk kebutuhan sehari – hari digunakan untuk membayar uang sewa rumah.

Lakukan Riset Dan Survey

Tidak hanya beli rumah saja yang memerlukan riset dan survey untuk mendapatkan rumah terbaik dengan harga yang murah. Pastikan nilai sewa rumah sesuai dengan fasilita yang diberikan oleh pemilik. Jangan sampai kamu kekeh dengan harga murah namun menuntut fasilitas yang lengkap. Ketika kamu sudah menemukan rumah sew yang kamu incar langsung temui sang pemilik untuk meminta izin melakukan pengecekan kondisi rumah. Pastikan jika kondisi dan perlengkapan serta fasilitas yang ada di rumah benar – benar mendukungmu dan sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Jangan lupa untuk memeriksa dungsi dari peralatan dan perlengkapan yang ada serta memeriksa segala kerusakan yang ada di rumah sewa tersebut.

Untuk medapatkan tempat rumah sewa yang terbaik kamu harus melakukan riset dan survey ke beberapa tempat yang berbeda namun di lokasi artau area yang sama. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing – masing pilihan rumah sewa yang kamu datangi. Pilih rumah kontrakan yang sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh pemiliknya. Perhatikan juga apakah harga tersebut sesuai dan wajar dengan fasilitas yang diberikan ?

Jangan lupa untuk memastikan ketersediaan air bersih di setiap rumah. Karena kita sangat memerlukan air bersih untuk keperluan sehari –hari. Mulai dari mandi, mencuci, masak hingga minum.

Sekat Dengan Tempat Aktivitas

Pilih rumah yang memiliki lokasi dekat dengan aktivitas yang rutin kamu lakukan setiap hari. Misalnya dekat dengan kantor tempat kamu bekerja, kampus tempat kamu kuliah. Dengan begitu akan lebih mudah untuk kita menjangkau tempat – tempat tersebut dalam waktu yang cepat. Selain itu pastikan juga ada fasilitas public yang kamu perlukan di area rumah sewa. Fasilitas seperti transportasi umum, minimarket atau warung, masjid, ATM cebtre dan fasilitas public lainnya. Hal ini akan sangat dibutuhkan untuk memenuhi segala keperluanmu saat tinggal disana.

Kondisi Lingkungan Rumah

Meskipun kamu tinggal tidak selama ketika kamu beli rumah, namun memeriksa kondisi lingkungan sekitar rumah merupakan hal yang cukup penting. Pilih lokasi rumah sewa yang memiliki lingkungan bersih agar kesehatanmu tetap terjaga. Selain itu pastikan kawasan tempat kamu sewa rumah berada dalam daerah yang aman dari pencurian dan tindak kriminal lainnya. percuma jika semua hal terkesan baik namun mengancam keselamatan dan nyawamu. Hindari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi pada wilayah tempat kamu kan tinggal.

Bagaimana pun juga rumah sewa tetap merupakan tempat yang akan kamu tinggali dan tempati dalam jangka waktu tertentu. Meskipun tidak selamanya kamu tinggal disana, namun memastikan segalanya bisa berjalan dengan baik dan nyaman serta menyenangkan saat dihuni sangat penting. Maka itu meskipun sewa rumah merupakan pelampiasan kamu karena tidak bisa beli rumah, hal ini tidak bisa dijasikan sebagai alasan atau alibi untuk kamu memilih tempat sewa rumah yang seadanya tanpa melakukan dan mempertimbangkan serta memperhatikan berbagai hal. Salah – salah kamu bisa menganam keselamatanmu sendiri. Smoga ulasa informasi diatas bisa menjadi jalan terbaik yang cukup mudah untuk dilakukan saat kamu mencari ruman sewaan. Jangan patah semangat untuk terus menabung mengumpulkan uang guna memiliki rumah idaman seutuhnya. Meskipun usiamu masih muda sekalipun tidak ada salahnya untuk menabung demi masa depan yang lebih cerah. Semangat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *