Lengkapi Syarat-Syarat Ini Agar Pembuatan Visa Schengen Semakin Mudah

By | April 28, 2017

Sudah pernah dengar tentang visa Schengen?

Visa Schengen merupakan salah satu syarat untuk melakukan perjalanan keliling Eropa. Ada lebih dari dua puluh negara Eropa yang tergabung dalam perjanjian Schengen, beberapa di antaranya adalah Perancis, Jerman, Belanda, Norwegia, dan Denmark. Kalau kita memiliki visa Schengen, maka kita tidak perlu mengurus visa lagi ketika akan mengunjungi negara-negara tersebut.

Banyak orang yang menganggap bahwa prosedur pengurusan visa Schengen itu rumit. Padahal kita hanya perlu melengkapi syarat-syarat ini ketika melakukan proses pengurusannya :

Memiliki Paspor Aktif

Paspor aktif adalah syarat utama untuk mengurus visa Schengen. Jadi, pastikan kalau masa berlaku paspor kita masih aktif bila kita ingin melakukan perjalanan keliling Belanda. Segera urus perpanjangan paspor untuk memudahkan urusan visa Schengen di tanah air.

Reservasi Penerbangan

Reservasi penerbangan juga dibutuhkan sebagai syarat pengajuan visa Schengen. Karena biasanya kedutaan besar luar negeri ingin memastikan bahwa kita pasti kembali lagi ke tanah air. Jadi, kita mesti memiliki dokumen bukti pemesanan tiket pesawat sesaat sebelum mengurus Visa Schengen.

Surat Undangan

Kalau kita memiliki anggota keluarga atau sahabat yang akan kita kunjungi di Eropa, alangkah lebih baik jika kita meminta tolong dibuatkan surat undangan. Agar pihak kedutaan besar yakin bahwa ada pihak yang akan menampung kita sewaktu berada di Eropa. Maka kita pun tak perlu melampirkan bukti reservasi hotel.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan ke Schengen rupanya juga menjadi syarat penting bagi pengajuan visa Schengen. Semakin lama waktu perjalanan, biasanya semakin besar pula biaya asuransi yang mesti dibayarkan. Jadi, segera beli asuransi perjalanan ke Schengen untuk menjamin keselamata perjalanan sekaligus syarat pembuatan visa. Kini asuransi perjalanan Schengen bisa diperoleh dengan harga mulai dari ratusan ribu rupiah.

Surat Keterangan Kerja

Hampir sama dengan tujuan lampiran reservasi pesawat, pihak kedutaan besar juga ingin memastikan kita akan kembali lagi ke Indonesia. Jika kita memiliki pekerjaan, berarti kita tidak akan berusaha untuk menetap lama di Eropa dengan cara yang ilegal.

Jika kita sudah melengkapi syarat-syarat tersebut, peluang keberhasilan pengajuan visa Schengen tentu akan semakin besar. Mari menyiapkan segala kebutuhan pengajuannya agar pengajuan visa kita lekas diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *