Surat Cinta Pertama (2)

By | July 21, 2014
Sewaktu TK, lu pasti dah tau kan yang namanya TK(taman kanak kanak). Yap bener banget namanya juga kanak-kanak gak mungkin juga kan aku segede gini masuk kanak-kanak.haha
Aku dulu anaknya hiperaktif, gak mau diem dan gak mau didiemin bagaimanapun juga aku bakal nglakuin apa aja demi diperhatiin sama orang, entah pengemis,pengamen,gelandangan yang penting orang bukan dari bangsa jin. Kalo saja aku lompat dari menara eifel kemudian jatuh dengan sadisnya, lalu mati seketika, mungkin saat itu bangsa jin akan merhatiin aku dan pada saat itu juga bakal ada yang nanya ke aku ’Eh lu ngapain lompat dari eifel, lu abis di putusin pacar ya? Inget lu masih punya masa depan,kawin aja belum’ jin dengan tanda Tanya melihatku ‘Biar aku diperhatiin ama lu mbah jin’ Plakk gak sampe segitunya kali.
Ibu aku itu guru TK aku, jadi kalo ada apa-apa aku selalu ngadu sama ibu aku. Aku masih inget masa-masa itu, masa iya pensil dipenjem aja ngadu malu maluin yah hihi. Dan anehnya aku ngadunya itu pada hal hal yang sepele, seperti pas waktu itu aku ngadu ke ibu aku ’bu, tadi aku minjem buku masa bukunya di curi sama arif’ aku tuh gak mikir kalo arif hanya minjem aku pikir nyuri, nyokap aku bilang ’ikbal,yang paling manis dari jenis buah asem dan yang paling ganteng dari jenis monyet, dengerin ibu,bukunya dipinjem enggak dicuri sayang’ Buset!!aku dibilang monyet sama nyokap aku sendiri, aku inget dikantor ada kaca segede badan gorilla nempel dilemari gede banget, aku lari kekantor dan langsung berdiri depan cermin ‘perasaan monyet gak seganteng aku deh bu’ ‘iya,emang kamu monyet paling ganteng didunia ini’ aku gak trima dibilang monyet sama nyokap aku, lalu aku tarik badan nyokap aku menghadap kecermin. ‘Lihat bu, ibu cantik deh’ ‘ah masa sih, dengan senyum kecil ibu menjawab ‘iya bu,ibu paling cantik dari jenis monyet’ mungkin waktu itu aku anak yang gak berbakti pada orang tua.
Di TK aku pernah suka sama cewe, namanya Nunung dia sama kaya aku anaknya guru, kalo dilihat dari postur tubuhnya anaknya berkulit kuning sawo,badannya tinggi,rambutnya ikal dan senyumannya manis lebih manis dari gula deh hehe. Temen aku juga ada yang lagi kasmaran sama kaya aku.ciee bisa barengan gitu ya. Pada saat itu aku bilang ke Hamid ‘Mid,aku suka ama cewe mid’ ‘syukur deh,brarti lu normal’ ‘lu kira aku bencong apa!’ mata aku serius ngelihatnya.’hihi maaf,emang siapa?’ ‘Nunung’ aku bisik-bisik takut ada yang mendengarnya nanti malah jadi gosip luar biadap ralat luar biasa. ’hah,aku juga lagi seneng sama orang bal’ ‘sapa mid?’ ‘eka’ aku dengan semangat 45 mendengar nama itu, “YES”  kita sama-sama suka ke cewe sekelas, berarti kita seperjuangan mid. ’Tapi aku malu ngungkapinnya’ ‘lu,malu ngungkapinnya?’ ‘Iya mid’ ‘Lu aja malu apa lagi aku lebih malu tau,disenyumin sama cewe aja aku udah salah tingkah apalagi bicara ama cewe’.
Keesokan harinya aku kembali bahas topic ini dengan hamid, dengan serius seperti rapat pleno yang sedang memikirkan Negara, aku dan hamid mulai membahasnya. “JREEENG” tangan hamid menjulur keatas seperti superman mau terbang.’Aku ada ide bal’ ‘Apaan itu?’ ‘Aku kemarin liat film bal,aku denger kalo suka ke cewe kita gak brani ngungkapin kita harus pake surat cinta’ ‘Sip,bagus.Bagaimana kalau kita coba ide itu,tapi surat cinta itu apa yah?’ PLAKK dasar anak tk emang belum pantes buat pacaran.’goblok,itu loh surat yang pake cinta cintaan’ ‘setau aku surat pake amplop deh bukan pake cinta’ ‘Dasar,pantes kalo lu disamain sama monyet.lu bloon,mending sekarang Tanya aja ke ibu kamu’ Dari pada aku pusing-pusing mikirin apa itu surat cinta akhirnya  aku mutusin untuk Tanya ke nyokap aku ‘Bu,surat cinta itu apa bu?’ ibu spontan menjawab ‘hah….’pasti lanjutannya menurut aku ‘bego lu kaya gitu aja gak tau,mending gak usah pacaran’ hihi ternyata bukan ’hah,lu suka ke sapa bal? ibu pengin tau’ ‘ih ibu kepo aja apa kepo banget?’ aku malah ngeledek dia sambil ketawa penuh kegembiraan seakan aku abis ngerjain orang. ’siapa ih?,surat cinta itu surat yang isinya tulisannya cinta’ ‘Bagus!aku udah tau apa itu surat cinta’, aku kembali nyamper hamid penuh percaya dan dengan semangat 45 aku bilang ke hamid ‘aku udah nanya ke nyokap aku,katanya surat cinta itu surat yang isinya cinta mid’ ‘Ok kita buat surat cinta sekarang’.
Tanpa berpikir panjang masih dengan kepolosan anak TK akhirnya aku pun memutuskan untuk menulis surat cinta buat orang yang aku suka, dengan tulisanku yang seperti jejak ayam diatas lumpur. Aku mulai menulis ‘Ikbal cinta Nunung’ dengan sesobek kertas yang aku masukan di amplop, kemudian aku simpan di laci meja sampai waktunya istirahat. “KLIRINGGGGG” waktunya isturahat, nunung pergi meninggalkan tasnya, lalu aku segera membuka pelan pelan tasnya nunung. Bluss….aku jatohin surat aku di dalem tasnya nunung, gak kebayang kan ada surat isinya sependek surat aku, waktu itu aku mungkin bego yah aku belum pernah sama sekali baca surat apalagi nulis surat, kemudian aku nulis surat seperti lu belum pernah nyebur kolam renang malah nyebur air laut duluan. kebayang kan gimana hebatnya aku dulu.
Keesokan harinya jadwal nyokapnya nunung yang ngajar kelas ndol besar  (O) yap kelas dimana aku berada, Dia bawa surat aku kekelas, dalam hati aku berkata ’mampus deh aku,nyuratinnya yang muda malah yang tua yang bales,jangan-jangan ibunya nunung yang malah suka ke aku’ ahaha. ’Anak anak ini surat siapa yah?’kata ibunya nunung,sekali lagi dia mengaung ‘ikbal ini surat siapa yah,hayoo?’ ni guru bloon apa emang gak bisa baca yah jelas jelas itu surat ada nama aku gede banget yang tulisannya kaya jejak ayam diatas lumpur. Aku akhirnya mau mengalah untuk sekian kalinya ‘saya buguru’ dengan lantang aku menjawabnya. ’ikbal kamu kalo nulis surat bukan kaya gini caranya,ini sih kaya nulis ditembok’ semakin terlihat bodoh diriku mendengar ceramahnya, karena sebenarnya aku waktu itu memang bodoh ’harusnya gimana bu?’ aku tak mau kalah saing dengan guru yang satu ini ‘caranya kamu pertama nulis yang tercinta kemudian pembukaannya assalamualaikum,kepada nunung yang tercinta bla bla bla’ Aku berharap banget nunung bisa ngedengerin dengan jelas apa yang dibilang nyokapnya didepan kelas, dan aku juga berharap banget ini guru cepet-cepet keluar dari kelas, sumpah aku illfeel banget ngedengernya, disisi lain aku sangat sangat cemburu karena nyokapnya dengan lantang membacakan surat cinta itu untuk anaknya sendiri, didepan kelas lagi. Aku makin yakin ini guru saraf beneran masa iya ada orang tua membacakan teks proklamasi cintanya kepada anaknya sendiri,, Aku makin panas dingin baru pertama kali aku nulis surat,baru pertama kali juga aku punya saingan berat.
Sepulang sekolah aku gak nyangka bakal di berhentiin sama nunung, rasanya tuh lagi lewat kantor polisi gak pake helm terus ditiupin peluit sama polisinya tepat disamping kuping aku “DAGDIGDUGDERR”, ’ikbal ini surat dariku’ tanganku gak bisa tenang kaya lagi nahan kencing 5 jam,tanganku yang gerak sendiri seperti nenek-nenek usia 90 th memegang surat itu, ’makasih yah nung’.
“Ikbal,maaf yah aku juga sayang sama kamu tetapi sebagai temen” Aku sadar kalo aku udah kalah sama nyokapnya nunung,iya kalah!!

          Sepertinya ini sudah nasib aku, lain ceritanya dengan dengan hamid. Dia gak seperti aku nasibnya, hamid sukses dengan suratnya, suratnya di bales sama eka dan eka juga suka sama hamid. Cinta pertamaku gagal!! Aku pengen mati waktu itu. Tapi aku gak tau caranya bunuh diri, jadi aku tidur dikamar seharian penuh demi ngilangin galau ‘ikbal kenapa masih dikamar, cepet keluar’ kata nyokap aku ‘mati bu’ aku jawab semau aku. ’astaghfirloh nak jangan gitu ah’ aku gak dengerin apa yang diomong nyokap aku dibalik pintu kamar, aku langsung tidur dengan nyenyaknya nglupain kemarin yang abis disakiti cewe. Ternyata korban perasaan tidak hanya anak remaja atau dewasa, anak TK pun terkena imbasnya. Sadis memang kalo ngomongin soal perasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *