Google Ventures Kepala Says Uber Nilai Pasar Bisa Melebihi $ 200 Miliar

By | July 21, 2014

Oleh Serena Saitto Jul 16, 2014 02:30 GMT + 0700

Fotografer: David Ramos / Getty Images
Taksi app Uber menunjukkan bagaimana untuk memilih mengambil lokasi pada tanggal 1 Juli 2014 di Barcelona.
Secepat Uber telah tumbuh, itu hampir tidak mudah jalan bagi startup. Layanan mobil-pesanan telah menghadapi protes besar-besaran dari sopir taksi di Eropa. Ini menjadi target tuntutan hukum dan pengawasan peraturan di AS Dan sekarang menemukan dirinya dalam lomba untuk menyewa driver, menggantung $ 1000 bonus untuk memancing mereka jauh dari saingan.

Di tengah semua itu, Bill Maris, managing partner Google Ventures, yang merupakan investor di Uber, mengatakan nilai pasar jangka panjang perusahaan bisa “$ 200.000.000.000 atau lebih.”

Untuk konteks, itu kira-kira nilai pasar Toyota.

Maris, yang mendirikan kelompok modal ventura dari Google pada tahun 2009, katanya “berdebar tabel” dalam antusiasme untuk berinvestasi di Uber tahun ini, sama dengan tahun lalu.

Google Ventures kembali diinvestasikan di perusahaan berbasis di San Francisco tahun ini ketika mengangkat $ 1200000000 pada penilaian $ 17000000000, setelah memimpin pendanaan tahun lalu $ 258.000.000 dengan nilai penjualan $ 3,5 miliar. Uber sekarang di lebih dari 140 kota di seluruh dunia.

“Saya yakin di Travis dan timnya,” kata Maris Bloomberg News dalam sebuah wawancara di Brainstorm Tek konferensi Fortune di Aspen, Colorado. “Visinya sangat besar dan dia telah menunjukkan dia bisa mengeksekusi,” kata Maris Uber co-pendiri Travis Kalanick.

Sebagai Uber mengganggu pasar transportasi di seluruh dunia, itu juga bereksperimen dengan jasa pengiriman dan bisa menjadi perusahaan logistik besar dengan nilai pasar sebesar $ 200 miliar, atau lebih, kata Maris.

“Ini adalah tim yang sangat kreatif – pertumbuhan mereka menunjukkan mereka jelas ke sesuatu,” katanya tentang Uber. Tapi Maris juga memperingatkan bahwa, seperti startup apapun, “bisa juga turun ke nol.”

Google Ventures memiliki $ 1500000000 bawah manajemen dengan investasi sekitar 250 perusahaan teknologi, dari perawatan kesehatan ke Internet konsumen. Dua puluh perusahaan portofolionya telah baik go public, seperti RetailMeNot, atau diperoleh, seperti Nest Labs.

Ditanya tentang gelembung dalam penilaian teknologi, Maris mengatakan: “Itu tak terelakkan pasar akan benar sebesar 20 persen, tahun ini atau berikutnya. Siklus bisnis adalah fakta kehidupan. “

Selain transportasi, Maris mengatakan Google juga mencari pendidikan, manufaktur dan pencetakan 3D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *