Perkembangan musik di tanah air

By | January 12, 2014



Musik indonesia sangat ini sangatlah luas, sementara itu musik juga merupakan sesuatu hal yang menarik untuk dinikmati. musik di indonesia sendiri banyak sendiri cabangnya akibat campuran budaya barat yang masuk ke indonesia, kita sebagai anak muda penerus bangsa seharusnya melestarikan musik daerah.
Saat ini salah satu perkembangan musik indonesia yang layak untuk di banggakan, karena musik indonesia juga mampu menjadi tuan rumah di negeri seperti negara-negara lainnya. Bila berpuluh tahun yang lalu masayarakat indonesia lebih tertarik mendengarkan musik dari manca negara, namun saat ini masyarakat indonesia cenderung lebih tertarik mendengarkan musik- musik dari negeri sendiri. Bahkan sudah ada beberapa musisi yang mampu membuat karyanya yang dikonsumsi bukan hanya orang indonesia tetapi juga banyak dari negara-negara lain yang ikut mengkonsumsinya.
Adapun jenis-jenis musik Indonesia yang saat ini sedang populer dan digemari masyarakat antara lain adalah :

1.Dangdut
 Dangdut merupakan aliran musik khas indonesia, dangdut berasal dari india namun orang indonesia merubahnya dengan paduan yang baru sehingga mengeluarkan suara yang indah didengar dan asik untuk bergoyang, perpaduan musik timur serta musik modern ini sangat digemari dari semua kalangan. Dangdut sebenarnya musik kalem tidak banyak gerakan. Di awali oleh inul daratista, dangdut mulai eksis dengan goyang-goyang yang tidak biasa dengan baju yang ketat, itulah ciri dangdut saat ini.
2.Pop
Jenis musik ini adalah popular musik, banyak seniman musik yang menciptakan karyanya di genre musik ini. selain enak didengar jenis musik ini juga termasuk musik simple karena tidak susah untuk menghapalnya. jenis musik ini memiliki peran yang cukup besar bagi perkembangan musik indonesia. Buktinya jenis musik ini masih sangat eksis di indonesia.
 3.Musik daerah
 
Jangan pernah katakan bila musik daerah akan mati digilas oleh perkembangan jaman. Karena musik Indonesia yang satu ini justru sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan para pelaku seni musik modern pun saat ini banyak yang suka memasukan musik daerah pada karya karya mereka. Dan masyarakat sangat mendukung tindakan ini dengan cara mengoleksi kaset atau CD yang diedarkan.
4.Rock 
 
Jenis music ini adalah aliran music keras, jenis ini masuk ke Indonesia di tahun 80an. Musik ini umumnya digemari oleh para remaja dan kalangan muda karena musik ini menunjukan kegairahan dan penuh semangat dalam memainkannya, serta menunjukan sebagai ajang anak gaul masa kini.
5.Keroncong
Musik ini termasuk music daerah yang hampir mengalami kepunahan, karena para musisi keroncong umumnya adalah orang dewasa dan usia lanjut. Musik ini banyak digemari sekutu pada waktu itu buktinya seperti Alm gesang beliau di panggil kebelanda untuk menghibur ratu. Sayangnya penggemar music ini sangatlah sedikit sekarang, tetapi sudah ada perkembangan dengan didirikannya kelompok-kelompok penikmat music keroncong.
6.Rock and Blues
Aliran music ini sering dibilang RnB pertama kali muncul di benua amerika, namun dengan perkembangan media music ini mulai banyak digemari dikalangan muda. Dengan perpaduan keras dan halus, jenis ini memiliki syair yang sangat khas.
7.Jazz
Musik jenis ini adalah music dengan aliran yang sangat halus dan dengan diiringi trompet,saksofone dan clarinet sebagai cirri khasnya, jenis music ini juga merupakan music barat yang mulai berkembang di Indonesia di tahun 90an
8.Reagge
Siapa sih yang gak tau mbah surip, beliau adalah seorang musisi dengan aliran reagge. Aliran music ini dimainkan dengan nada khusus yang sangat khas didengar. Aliran ini berasal dari benua afrika.
Demikianlah postingan saya tentang perkembangan music di tanah air, semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *